19 Oktober 2016

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok
Oleh : aulia

“Dilarang merokok.”

Tulisan ini ada dimana-mana. Deretan berbagai penyakit akibat merokok pun sudah sering didengung-dengungkan. Tapi nyatanya, para perokok tak juga berhenti. Bahkan, gambar menyeramkan yang disematkan pada kemasan rokok pun ternyata tak cukup seram untuk membuat mereka ‘bertobat’. Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Anda yang perokok pasti tahu betapa beratnya hal tersebut. Padahal, tak ada satupun organ tubuh Anda yang bisa lolos dari efek buruk rokok. Bagaimana bisa, WHO mencatat ada 4000 zat kimia pada asap rokok. Beberapa di antaranya beracun; seperti nikotin (pestisida), tar (pelapis aspal), ammonia (pembersih lantai), dan formalin (pengawet mayat). Cukup mengerikan, bukan? Tapi tak mudah bukan berarti tak bisa. Secara garis besar, ada empat hal yang akan Anda atasi saat berhenti merokok. Mengatasi kecanduan, mengatasi gejala putus nikotin, mengatasi perubahan perilaku, dan mengatasi lingkungan yang mungkin tidak mendukung Anda.

Nah, jika niat Anda sudah bulat, lima langkah berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda untuk mulai berhenti merokok.

1. Tetapkan waktu. Anda bisa memilih tanggal yang istimewa bagi Anda. Tapi ingat, jangan pilih tanggal yang terlalu jauh dari niat Anda. Sebab kemungkinan untuk berubah pikiran akan lebih besar.

2. Minta bantuan dokter. Merokok berkaitan dengan senyawa-senyawa kimia di otak dan tubuh Anda. Dokter akan membantu Anda mendapatkan metode dan obat-obatan yang tepat untuk mengatasi hal-hal yang akan Anda hadapi. Selain itu, dokter juga dapat membantu mengevaluasi program yang Anda jalani.

3. Beritahu orang-orang di sekitar Anda, khususnya orang-orang terdekat. Mintalah pengertian dan dukungan dari mereka. Anda dapat lebih fokus jika didukung oleh orang-orang di sekitar Anda.

4. Lakukan antisipasi. Percayalah, akan ada banyak hambatan yang Anda hadapi. Masa-masa putus nikotin/withdrawal effect selalu jadi waktu yang terberat.Biasanya ini terjadi pada 1.5-2 minggu setelah Anda mulai berhenti merokok. Anda akan merasakan emosi menjadi labil, insomnia, nafsu makan meningkat, dan banyak hal menjengkelkan lainnya akan membuat perjuangan Anda terasa berat. Saat Anda ‘jatuh’ dan kembali merokok, jangan langsung menyerah. Tapi langsung matikan dan alihkan pikiran Anda. Minum air putih, makan buah, atau sekedar mengobrol akan membuat pikiran Anda teralihkan.

5. Buang semua hal berbau rokok. Tak hanya rokok, tapi juga pemantik dan asbak milik Anda. Menyimpannya sebagai kenangan sama sekali bukan ide cemerlang. Baiklah, kali ini Anda tak hanya sekedar mereka-reka langkah untuk berhenti merokok. Anda sudah memiliki panduannya. Selanjutnya, bulatkan niat Anda. Ingat, kunci kesuksesan berhenti merokok adalah niat. Selamat berjuang! Sumber: Petunjuk Teknis Upaya Berhenti Merokok Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer


Artikel Sebelumnya
Kenali Penyakit Paru Obstruktif Kronik (ppok)
Artikel Selanjutnya
Mitos Dan Fakta Diabetes.

Upcoming Agenda
17 Oktober 2020

Hari Hipertensi Sedunia 2020

10 Oktober 2020

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020

08 Oktober 2020

Hari Penglihatan Sedunia 2020

10 Oktober 2020

Seminar Kesehatan: Pencegahan dan Pengelolaan Obesitas di FKTP

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia