13 Juli 2017

Yuk Cantik Sehat dengan Berat Badan Ideal

Yuk Cantik Sehat dengan Berat Badan Ideal
Oleh : puskesmas kedaung

Hai sahabat portal PTM....

Izin berbagi  kegiatan yang kami lakukan di puskesmas kedaung dalam program PTM dengan pengendalian berat badan.  Seperti yang kita ketahui, jumlah penduduk yang memiliki berat badan berlebih bahkan sampai obesitas sangat banyak di sekitar kita. Jika sahabat-sahabat dengan berat badan berlebih ini kita biarkan dan tidak kita kendalikan, maka beberapa tahun kedepan mereka akan menjadi calon pengidap penyakit tidak menular dan angka PTM akan meningkat. Contoh penyakit yang akan mereka dapat nantinya adalah:

1. Diabetes Melitus

2. Kanker

3. Stroke

4. Penyakit Jantung dan Pembuluh darah

Di puskesmas  kami berusaha menyaring mereka dengan berat badan berlebih untuk dapat dibina dan dipandu untuk dapat memahami kesehatan yang terjadi pada tubuhnya dengan menyisihkan waktu disela-sela pemeriksaan pasien lainnya. bahkan kalaupun pasien terlalu banyak, kami mundurkan dan kami sisihkan waktu setelah jam istirahat puskesmas, agar ilmu yang akan kami sampaikan benar-benar bisa diterapkan pasien.

Dalam kegiatan ini dokter pemeriksa di poli umum langsung yang akan menyaring mereka yang memerlukan pengukuran dan konseling gizi khusus, karena dianggap mereka sudah harus berhati-hati dan sudah harus menjalankan program penurunan berat badan

Kegiatan kami lakukan di puskesmas kedaung. Kegiatan yang dilakukan adalah menghitung antropometri pasien serta menarik kesimpulan berapa BB yang seharusnya dicapai pasien,  pemeriksaan analisa lemak tubuh, mencari kebutuhan energi sehari, sehingga nanti dari kebutuhan energi tersebut dapat kita tukar dalam bentuk menu makanan sehari.

Di artikel ini kami juga ingin mengajak sahabat agar pintar menghitung sendiri berapa berat badan yang semestinya harus dicapai. Jika setelah dihitung sahabat merasa perlu melakukan penuruna berat badan, datanglah ke puskesmas terdekat, agar sahabat dapat menjalankan program diet dengan benar dan baik. dengan berat badan yang normal, maka kesehatan akan dapat kita raih dan bonusnya adalah cantik dan tubuh menjadi lebih bugar

                                                                                      

 Untuk laki-laki menghitung berat badan ideal (BBI) adalah dengan rumus:

= TB - 100 - 10 %     

Sedangkan untuk wanita :

= TB - 100 - 15 %

Namun jangan khawatir sahabat PTM, ini baru sampai pada tahap berat badan ideal, namun rentang berat badan normal (BBN) kita adalah:

= BBI ± 10 %

Contoh:

Lelaki 30 tahun dengan TB 160 cm dan memiliki BB 63 kg

Berat badan Ideal lelaki ini adalah

= 160 - 100 - 10%

=60 - 10%

= 60 - 6

= 54 kg

Sedangkan berat badan normalnya adalah:

= 54 kg ± 10%

= 54 + 5.4    sampai   54 - 5.4

= 59.4  sampai 48.6 kg

jadi kalau dapat kita simpulkan, laki-laki dengan tinggi 160 cm ini seharusnya memiliki berat badan terberat 59.4 dan teringan 48.6

Selamat menghitung dan berkonsultasi. Semoga yang kami lakukan dapat membantu dan memberikan solusi untuk mengendalikan faktor risiko PTM. 

                                                                                                        

Salam penulis,

dr. Yanmisi Angreni


Artikel Sebelumnya
Kunjungan Pasien Tb Paru Dgn Diabetesmelitus
Artikel Selanjutnya
Peningkatan Kapasitas Petugas Ptm Kota Depok

Upcoming Agenda
31 Mei 2021

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021

25 Mei 2021

Hari Tiroid Sedunia 2021

17 Mei 2021

Hari Hipertensi Sedunia 2021

10 Mei 2021

Hari Lupus Sedunia 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia