03 Oktober 2017

Hari Penglihatan Sedunia, Kemenkes Rumuskan Strategi Penanggulangan Gangguan Penglihatan

Hari Penglihatan Sedunia, Kemenkes Rumuskan Strategi Penanggulangan Gangguan Penglihatan
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Jakarta, 3 Oktober 2017

Kementerian Kesehatan RI telah merumuskan Peta Jalan (roadmap) Penanggulangan Gangguan Penglihatan 2018-2030 dalam mencapai target. Target tersebut yakni Tahun 2030 setiap orang di Indonesia mempunyai penglihatan optimal dan dapat sepenuhnya mengembangkan potensi dirinya.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengajak seluruh masyarakat bersama pemerintah berpartisipasi dan mendukung peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2017.

“Saya mengimbau kepada segenap gubernur, bupati dan walikota dan seluruh mayarakat Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Penanggulangan Gangguan Penglihatan Dan Kebutaan yang tertuang dalam Peta Jalan Penanggulangan Gangguan Penglihatan 2028-2030,” kata Nila Moeloek pada Temu Media terkait Hari Penglihatan Sedunia di gedung Kementerin Kesehatan RI, Selasa (3/10).

Hari Penglihatan Sedunia diperingati sejak tahun 1999, setiap tahun pada hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. Tahun ini akan digelar pada Kamis (12/10).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarkat di dunia agar memberikan perhatian dan mendukung penanggulangan masalahan gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya Visi 2020, yakni hak setiap orang untuk dapat melihat.

Hari Penglihatan Sedunia tahun 2017 diperingati dengan tema-internasional ; Make Vision Count dan tema nasional ; Mata Sehat, Investasi Bangsa.

Menkes berpesan kepada masyarakat jangan abaikan gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apapun masalahnya. Selain itu, periksakan mata apabila dirasakan ada gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Semoga semua rangkaian kegiatan peringatan Hari Penglihatan Sedunia tahun ini memberikan dampak nyata pada hasil Pembangunan Kesehatan dalam mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing di tingkat global,” tambah Menkes.

Rokomyanmas


Artikel Sebelumnya
Deteksi Dini Kanker Payudara Dengan Sadari Dan Sadanis
Artikel Selanjutnya
5 Strategi Percepatan Penanggulangan Gangguan Penglihatan

Upcoming Agenda
10 Mei 2021

Hari Lupus Sedunia 2021

08 Mei 2021

Hari Talasemia Sedunia 2021

22 April 2021

Sosialisasi Daring Pedoman Pengelolaan Prediabetes untuk Tenaga Kesehatan di 5 Provinsi

18 April 2021

Hari Diabetes Nasional 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia