Kolaborasi 3 Pihak Pertama di Indonesia! Brand Pembalut Charm, YKPI & Kementerian Kesehatan Meluncurkan Slogan

Kolaborasi 3 Pihak Pertama di Indonesia! Brand Pembalut Charm, YKPI & Kementerian Kesehatan Meluncurkan Slogan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi" Menuju 0 Penemuan Kanker Payudara Stadium Lanjut

07 Oktober 2022

Brand pembalut wanita Charm berkolaborasi dengan YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) meluncurkan slogan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi" pada konferensi pers yang diadakan pada 6 Oktober di Hotel Mulia, Jakarta. Kolaborasi 3 pihak dengan tema penemuan kasus kanker payudara secara dini antara swasta, organisasi non pemerintah dan Kementerian kali ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia. Selain itu, dengan donasi yang diberikan Charm kepada YKPI untuk mempenetrasikan gerakan periksa payudara sendiri (SADARI), diharapkan dapat mendukung aktivitas Pink Ribbon di bulan Oktober yang diperingati sebagai bulan kesadaran kanker payudara, demi berkontribusi pada perwujudan 0 penemuan kanker payudara stadium lanjut yang dicanangkan oleh Kemenkes.


 


Latar Belakang Kegiatan


  Menurut WHO(1), kanker payudara merupakan kanker yang paling umum terjadi di dunia per tahun 2021, dengan rasio kasus baru mencapai 12% dalam 1 tahun. Di Indonesia(2) sendiri, jumlah pasien & kasus meninggal pada kanker payudara merupakan yang paling banyak dibanding jenis kanker yang lain, disebabkan karena sekitar 70% diantaranya adalah kasus yang ditemukan dalam stadium lanjut. Di sisi lain, apabila berhasil dilakukan deteksi dini, maka tingkat kesembuhannya cukup tinggi yaitu 90%, sehingga penting halnya untuk mengupayakan agar dapat mendeteksi kanker payudara secara dini.


  Karena itu, melanjutkan upaya bersama YKPI di tahun lalu, di tahun ini Charm juga menggandeng Kemenkes dan meluncurkan slogan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi" demi mempenetrasikan periksa payudara sendiri (SADARI) untuk mendukung deteksi dini. Hal ini bertujuan untuk tidak hanya memberikan literasi kepada para wanita terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara, namun juga menyebarluaskan gerakan SADARI 1 bulan 1x demi mewujudkan 0 penemuan kasus stadium lanjut.


 


Upaya yang dilakukan Charm



  • Menyebarluaskan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi" menggunakan produk


Merencanakan pemasangan tulisan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi" di kemasan produk Charm. Menyarankan pelaksanaan SADARI pada hari ke 7-10 dari hari pertama menstruasi, untuk mendukung gerakan deteksi dini kanker payudara.



  • Video SADARI


Mendukung penetrasi gerakan periksa payudara sendiri dengan membuat video yang menjelaskan cara melakukan SADARI dan disebarluaskan melalui Youtube dan media sosial lain



  • Aktivitas di Internal Perusahaan


Melakukan berbagai kegiatan di bulan peringatan kanker payudara ini untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara kepada para karyawan PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang mayoritas adalah wanita



  • Sosialisasi SADARI(Khusus untuk karyawan wanita)



  • Pemeriksaan Mammography(3)(Khusus untuk karyawan wanita)



  • Sosialisasi terkait SADARI untuk para SPG、dll


 


Komentar dari para Key Speaker


  Konferensi pers kali ini dihadiri oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan Dr. Eva Susanti, S.Kp.,M.Kes, Ibu Linda Agum Gumelar sebagai founder YKPI, ketua PERABOI (Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia) sekaligus ahli onkologi dr. Walta Gautama, Sp.B(K)Onk dan survivor kanker payudara, Ibu Kartika Kembaren.


  Dalam sambutannya, dr. Eva menyebutkan “kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak di dunia termasuk di Indonesia. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, diperlukan dukungan semua pihak termasuk oleh Perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, akademisi, dan organisasi profesi lainnya. Kami berharap PT Uni-Charm Indonesia Tbk dapat bergandengan tangan seterusnya dengan Pemerintah untuk mensosialisasikan gerakan SADARI"



Tanggapan Presiden Direktur Yuji Ishii


   Kanker payudara merupakan masalah kesehatan yang serius baik di seluruh dunia dan di Indonesia, sehingga kami merasa perlu dilakukan upaya dengan segera bersama organisasi non pemerintah dan Kementerian. Penanganan yang harus dilakukan adalah meminimalisir resiko terjadinya kanker payudara dengan melakukan deteksi dini, dan hal ini perlu disebarluaskan kepada para konsumen khususnya wanita. Karena itu, sebagai brand kategori pembalut wanita yang mendapat dukungan No.1 di Indonesia, Charm bertekad untuk dapat berkontribusi pada gerakan deteksi dini kanker payudara. Sejalan dengan upaya dari Kemenkes dan YKPI untuk mempenetrasikan gerakan SADARI, kami mendukung ajakan periksa payudara sendiri setiap 1 bulan 1x setelah menstruasi, bertepatan dengan waktu penggunaan produk kami, melalui peluncuran slogan "Ayo SADARI Setelah Menstruasi".


  Selain itu, kami akan berkolaborasi dengan YKPI untuk menyusun program edukasi tentang periksa payudara sendiri (SADARI) di berbagai area di Indonesia untuk berkontribusi pada 0 penemuan kanker payudara stadium lanjut. Dan juga, dengan melakukan berbagai upaya yang sejalan dengan company slogan Ethical Living for SDGs, yakni menerapkan kebaikan kecil dalam kehidupan sehari-hari, kami berharap untuk dapat memberikan kehidupan yang sehat dan bahagia kepada seluruh masyarakat, termasuk para wanita di Indonesia.


 


Kontribusi pada 17 Target SDGs


  Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga berupaya untuk berkontribusi pada target No.3, “Memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia” dan No.17 “Partnership untuk mencapai tujuan”. Langkah ini juga sejalan dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs yaitu “Aktivitas perusahaan yang dikembalikan pada masyarakat”, untuk kedepannya pun kami akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs


 


(1) https://www.breastcancer.org/facts-statistics


(2) Situs KEMENKES


(3) Tes pemindaian untuk melihat gambaran kelenjar payudara dan jaringan di sekitarnya.


 


 


 


 

Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia.

Agenda Mendatang
14 March 2024
Hari Ginjal Sedunia - 14 Maret 2024
03 March 2024
Hari Pendengaran Sedunia 2024
04 March 2024
Hari Obesitas Sedunia 2024
27 March 2024
Webinar Hari Ginjal Sedunia 2024
07 March 2024
Seminar Puncak Hari Pendengaran Sedunia 2024
Selengkapnya