02 Februari 2017

Perhatikan Gejala Awal Kanker

Perhatikan Gejala Awal Kanker
Oleh : omeoo

Jika dikenali sejak dini, banyak penyakit kanker dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat. Nyawa pun dapat terselamatkan. Waspadai beberapa gejala awal kanker ini agar Anda dapat menyelamatkan nyawa.

Perubahan pada Kulit

Kanker kulit dapat ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. Perubahan-perubahan tersebut dapat berupa pertumbuhan rambut yang berlebihan, hiperpigmentasi atau warna kulit menjadi lebih gelap, kulit dan mata menjadi kekuningan, Eriterma atau kulit berwarna kemerahan, gatal-gatal, dan kulit memar tanpa sebab yang jelas.

Benjolan pada kulit

Bila tak kunjung hilang juga patut diwaspadai. Perubahan pada kelenjar getah bening yang sering ditandai dengan adanya benjolan sebenarnya adalah hal yang umum saat terjadi infeksi. Tetapi perubahan ini sayangnya juga dapat menjadi indikasi adanya limfoma ataupun leukemia.

Perubahan pada Payudara

Perubahan di bawah ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga dapat terjadi pada payudara pria. Selain benjolan bisa juga timbul gejala seperti puting yang melesak, kulit payudara kemerahan atau berkerut, atau cairan keluar dari puting.

Perut Kembung

Bila terasa terus-menerus diiringi perdarahan dari vagina atau penurunan berat badan secara signifikan bisa jadi merupakan tanda adanya kanker ovarium.

Sakit saat Menelan

Rasa sakit saat menelanbiasa terjadi terutama jika batuk. Namun kanker tenggorokan atau kanker perut juga bergejala serupa, terutama jika disertai muntah atau penurunan berat badan. Suara yang berubah menjadi serak dalam jangka panjang juga harus diwaspadai.

Berat Badan Turun secara Drastis

Penurunan berat badan hingga 4,5 kilogram atau lebih dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas dapat menjadi salah satu pertanda yang patut diwaspadai

Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati yang tidak kunjung reda dapat menjadi gejala adanya kanker ovarium, kanker tenggorokan, dan kanker perut.

Demam Berkepanjangan

Demam dapat terjadi karena kanker atau dampak penanganan kanker kepada sistem kekebalan tubuh. Leukemia dapat diawali dengan gejala demam yang tidak kunjung sembuh.

Kelelahan yang Tidak Kunjung Reda

Selalu merasa lelah meski sudah beristirahat secukupnya dapat menjadi gejala kanker, terutama jika disertai gejala lain, seperti darah pada tinja. Kelelahan ini dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang.

Batuk yang tak mereda

Batuk yang tidak kunjung reda dengan sendirinya hingga empat  minggu dan disertai darah dapat menjadi gejala kanker paru-paru.

Perdarahan di antara Waktu Menstruasi

Perdarahan di luar waktu menstruasi kadang-kadang dapat menjadi pertanda adanya kanker endometrial atau kanker pada dinding rahim.


Artikel Sebelumnya
Pemanis Buatan, Mana Yang Aman?
Artikel Selanjutnya
Penyakit Autoimun Dan Wanita

Upcoming Agenda
27 September 2022

Hari Jantung Sedunia 2022

31 Maret 2022

Webinar Hari Ginjal Sedunia'22 : Kenali, Jaga dan Rawat Ginjal Kita Dengan PATUH

26 Maret 2022

Webinar Nakes :Pencegahan & Intervensi Obesitas di FKTP (WOD 2022)

24 Maret 2022

Webinar (HTTS 2022 Seri 1) : Rokok dan Pandemi COVID-19

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia