07 Oktober 2016

Riset Unggulan LIPI Terbaru

Riset Unggulan LIPI Terbaru
Oleh : aulia

Sesuai dengan misa LIPI untuk mengabdi pada masyarakat, LIPI selalu menciptakan penelitian berguna. Riset LIPI selalu dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan masyarakat sehingga bisa bermanfaat maksimal di berbagai bidang, yaitu:

Alat Penghancur Jarum Suntik

Bahaya akan penggunaan jarum suntik bis amenimbulkan berbagai penyakit, termassuk penyakit AIDS yang diakibatkan oleh penggunaan jarum suntik yang bergantian. Berdasarkan masalah tersebut, LIPI sudah menghasilkan Alat Penghancur Jarum Suntik yang bisa menghancurkan jarum suntik dengan kekuatan titik lebur pada panas 1.200 derajat Celcius. Dijamin penggunaan jarum suntik yang dua kali atau lebih tidak bisa digunakan lagi.

Alat Pengolah Air Banjir Layak Minum

Ketika suatu daerah terlanda banjir, maka banyak masalah timbul seperti penyakit dan yang lebih penting itu air minum. Banjir yang melanda berbagai daerah terutama ibukota membuat LIPI tergerak untuk meneliti dan menciptakan alat filter yang berguna untuk menyaring air banjir sehingga bisa berguna untuk diminum. Air yang dihasilkan tentunya setara dengan air layak minum. Penelitian yang bermafaat ini bisa mengurangi masalah kekurangan air bersih.

Penyerap Kalsium Penderita Diabetes

Pengembangan penelitian berbentuk dengan berbagai bentuk seperti serbuk dan cairan. Seringkali penderita Diabetes kesulitan untuk memperoleh kalsium karena biasanya sumber kalsium terikat dengan sesuatu yang manis. Lain bedanya dengan hasil penelitian LIPI ini yang berbentuk suplemen serta aman untuk penderita Diabetes karena bebas gula.

Obat Anti Malaria

Pengembangan dalam bidang kesehatan ini berguna untuk daerah yang paling sering terkena nyamuk malaria. Obat anti malaria ini merupakan hasil riset dan merevisi kandungan sebelumnya.

Kit untuk Deteksi Virus Penyebab Kanker Rahim

Kanker rahim bisa disebut sebagai silent desease dimana tidak akan tampak gejala kecuali dalam keadaan stadium 2 atau 3. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa dicegah. LIPI mengembangkan penerlitian untuk mendeteksi kanker rahim secara dini dengan kit untuk mendeteksi virus penyebab kanker rahim. Pengembangan tehnologi kedokteran ini sangat berguna untuk para penderita kanker rahim. Singkatnya, LIPI bukan hanya sekedar institusi pemerintah yang hanya melakukan berbagai riset dan ilmuan, namun sekarang LIPI sudah membumi dengan adanya berbagai produk unggulan hasil riset bertahun-tahun lama nya. Semua permasalah dalam masyarakat digali untuk kemudian dicari solusinya. Semua itu tentu saja untuk malayani masyarakat.

Sumber: http://lipi.go.id/risetunggulan/detail/kesehatan-dan-farmasi/4/


Artikel Selanjutnya
Suplemen Penyerap Kalsium Untuk Penderita Diabetes

Upcoming Agenda
10 Mei 2021

Hari Lupus Sedunia 2021

08 Mei 2021

Hari Talasemia Sedunia 2021

22 April 2021

Sosialisasi Daring Pedoman Pengelolaan Prediabetes untuk Tenaga Kesehatan di 5 Provinsi

18 April 2021

Hari Diabetes Nasional 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia