01 Oktober 2018

Faktor Pemicu Gejala Serangan Jantung

Faktor Pemicu Gejala Serangan Jantung
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

  • Faktor usiaSemakin bertambah usia seseorang, maka makin tinggi risiko terkena Penyakit Jantung Pria memasuki usia 45 tahun, Wanita memasuki usia 55 tahun atau yang mengalami menopause dini (akibat operasi).
  • Memiliki riwayat Penyakit Jantung dalam keluargaJika ada salah satu anggota keluarga inti mengidap Penyakit Jantung, maka anggota keluarga nya juga akan berisiko mengalami gejala jantung.
  • DiabetesDiabetes dapat menyebabkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah. Oleh karena itu penderita diabetes berisiko lebih tinggi mengidap Penyakit Jantung.
  • Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )Hipertensi mampu melukai dinding arteri dan memunginkan kolesterol LDL masuk saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  • Obesitas (Kegemukan)Obesitas dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Hal ini juga berisiko menyebabkan penyakit jantung.
  • StresKetika seseorang stres, tubuh mereka mengeluarkan Hormon Kortisol yang berakibat pada kakunya pembuluh darah.  Hormon norepinephrine yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Sehingga sebaiknya hindari stres di rumah maupun di kantor.

Baca Juga Waspada serangan jantung. Dimana saja lokasi keluhan nyeri dada ?



Upcoming Agenda
19 September 2020

Seminar Kesehatan: Pengelolaan Pre-Diabetes di FKTP

23 September 2020

Seminar Kesehatan: Perokok dan Penyakit Tidak Menular

17 September 2020

Seminar Kesehatan: Indonesia Maju Menuju Zero Kelahiran Talasemia Mayor

12 September 2020

Seminar Kesehatan: Penanganan Hipertensi dan Diabetes Mellitus Sebagai Komorbid COVID-19

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia