19 Maret 2019

Anjuran Menkes Nila soal Durasi Waktu Olahraga

Anjuran Menkes Nila soal Durasi Waktu Olahraga

“Germas itu penting. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Boleh olah raga yang murah meriah, seperti jalan kaki. Atau bisa juga bersepeda. Banyak sekali kan anak muda yang sepedaan,” ujar Menkes Nila dalam tayangan Live Streaming melalui Instagram Kementerian Kesehatan, ditulis Senin, 18 Maret 2019.

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menganjurkan, masyarakat melakukan aktivitas fisik atau selama minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dilakukan diharapkan membuat masyarakat hidup sehat.

Anjuran aktivitas fisik tersebut termasuk kegiatan dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang terus digalakkan pemerintah. Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Germas.

“Germas itu penting. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Boleh  olah raga yang murah meriah, seperti jalan kaki. Atau bisa juga bersepeda. Banyak sekali kan anak muda yang sepedaan,” ujar Menkes Nila dalam tayangan Live Streaming melalui Instagram Kementerian Kesehatan, ditulis Senin, 18 Maret 2019.

Selain aktivitas fisik, fokus Germas juga terkait konsumsi buah  dan sayur serta pemeriksaan kesehatan secara rutin. Konsumsi buah dan sayur agar ketercukupan gizi seimbang terpenuhi.

“Cek kesehatan berkala juga. Sekarang banyak remaja usia 10-14 tahun yang kena penyakit tidak menular (PTM). Contohnya, hipertensi dan diabetes. Mungkin kebanyakan konsumsi makanan yang terlalu asin dan junk food (makanan cepat saji),” tambah Menkes Nila.

 Dalam Germas, ada cara melakukan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur. Olahraga dianjurkan minimal 30 menit dan menggunakan perlengkapan olahraga yang sesuai.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan mencatat, olahraga dilakukan secara bertahap dimulai pemanasan selama 5-10 menit, diikuti dengan pendinginan selama 5 menit.

Pilihlah olahraga yang disukai, aman, mudah, dan sesuai  dengan kondisi fisik. Untuk mencapai hasil optimal, olahraga perlu dilakukan minimal  3 kali seminggu.

Sebelum berolahraga, lakukan pemeriksaan pendahuluan untuk menentukan dosis yang aman dan jenis olahraga yang cocok. Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai  dan nyaman.

“Karena lama-lama sibuk. Saya sekarang olahraganya bersepeda statis. Minimal 30 menit. Lebih sehat juga. Kalau lagi buru-buru banget ya 15 menit. Minimal bisa juga jalan kaki. Dulu saya juga suka jalan kaki,” cerita Menkes Nila soal gaya hidup sehatnya.(liputan 6) 


Artikel Sebelumnya
Udara Kotor Dapat Memengaruhi Kesehatan Usus Kita
Artikel Selanjutnya
Pemuda Rumuskan Keterlibatan Bermakna Dalam Pembangunan Kesehatan

Upcoming Agenda
17 November 2021

Hari PPOK Sedunia 2021

14 November 2021

Hari Diabetes Sedunia 2021

12 November 2021

Hari Kesehatan Nasional Ke-57

26 Oktober 2021

Webinar Kampanye Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia