07 Mei 2019

Hari Asma Sedunia 2019 : Dukungan Global untuk Penyandang Asma dan Keluarganya

Hari Asma Sedunia 2019 : Dukungan Global untuk Penyandang Asma dan Keluarganya

Peringatan Hari Asma Sedunia 2019 (Ilustrasi : by Ira Carlina, sumber vektor freepik dan GINA ASTHMA , pengarah desain anitasari)

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Peringatan Hari Asma Sedunia 2019  bertujuan untuk meningkatkan  kesadaran  untuk dukungan dan kepedulian  masyarakat serta tenaga kesehatan di berbagai belahan dunia akan penyakit asma bagaimana pengaruhnya terhadap penyandang penyakit ini dan keluarganya.

Hari Asma Sedunia adalah ajang peringatan Asma tahunan yang didukung oleh Global Initiative fo Asthma (GINA), National Heart  Lung and Blood yang berbasis di Amerika Serikat dan oleh World Asthma Foundation. Hari Asma Sedunia telah diperingati kurang lebih selama 10 tahun untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian dalam perawatan  dan pengobatan asma di seluruh dunia.

Hari Asma Sedunia diperingati setiap Hari Selasa Minggu pertama bulan Mei dan untuk tahun ini jatuh  pada tanggal 7 Mei 2019 . Dalam sejarahnya Hari Asma Sedunia diluncurkan bersamaan dengan Pertemuan Asma Sedunia pertama di Barcelona, ​​dan telah berkembang menjadi acara  peringatan asma internasional terbesar.

Pesan Hari Asma  Sedunia 2019

Peringatan yang didedikasikan  untuk penyandang Asma ini mengingatkan pada Tenaga Kesehatan, keluarga dan masyarakat untuk  berperhatian pada pesan berikut :  STOP for ASTHMA  yaitu 

Symptom Evaluation (Segera Nilai Gejala), 

Test Response (Tes Respon Obat),

Obsereve And Assess (Observasi dan Kaji Kembali),

Proceed to Adjust Treatment (Pemberian obat yang tepat dan rasional)

Apa Itu Asma?

Asma adalah suatu penyakit kronis yang memengaruhi saluran udara dan paru-paru ditandai dengan kesulitan bernapas, mengi, dan sesak napas dengan derajat yang berbeda-beda. Asma disebabkan oleh pembengkakan dan radang saluran bronkial, kadang-kadang sebagai reaksi terhadap alergen, olahraga, stres atau perubahan suhu.

Sebagian penderita juga batuk saat malam hari, mengalami sesak, nyeri, atau tekanan di dada. Usia berapa pun dapat terkena  asma. Asma tidak bisa disembuhkan namun dapat dikontrol sampai batas tertentu tergantung bagaimana pengaruhnya terhadap penyandang. Penanganan asma antara lain dengan cara pencegahan, meminimalkan paparan pemicu, dan minum obat saat kambuh. Jika asma dikontrol/dikendalikan maka penyandang dapat hidup relatif normal, meskipun beberapa pemicu mungkin harus dihindari.

Faktor Pencetus Asma

Kenali tanda dan gejala asma

Asma  dapat dikendalikan dengan  obat  yang mencegah  gejala kronis dan obat pereda untuk gejala asma yang merebak. Edukasi dan pemahaman adalah kunci untuk mengendalikan asma yang efektif,  jika serangan asma  tidak  dikelola  secara benar maka bisa berakibat fatal. 

Hari Asma Sedunia mengedukasi dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian  akan kondisi penyandang asma dan keluarganya dengan harapan dapat mengurangi penderitaan dan menurunkan angka kematian tersebab asma.

Anda dapat mempelajari lebih lengkap informasi mengenai Asma pada fanspage facebook @p2ptmkemenkesRI  dalam album Sehat Bahagia Dengan Asma  , untuk petugas kesehatan dan pengelola program dapat mengakses lebih jauh di sini Daftar Publikasi P2PTM 

Hal yang harus menjadi perhatian bagi penyandang

  • Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengubah diet atau olahraga rutin, atau sebelum Anda mengonsumsi suplemen atau obat herbal.
  • Hubungi dokter jika asma Anda tidak membaik dengan obat-obatan yang ada. Hubungi telepon 119 atau segera meminta pertolongan  ke UGD jika terjadi serangan asma yang parah, terutama jika Anda sulit bernapas, atau bibir atau kuku Anda berubah kebiruan.

Mari menuju masa muda sehat, masa tua nikmat tanpa penyakit tidak menular dengan perilaku CERDIK, salam sehat

editor : anitasari , desain grafis Ira Carlina , penyelia  grafis : anitasari


Artikel Sebelumnya
Jumlah Konsumsi Tembakau Di Bali Menurun
Artikel Selanjutnya
Hari Talasemia Sedunia 2019 : Putuskan Mata Rantai Talasemia Mayor

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia