16 Februari 2019

"Pencanangan Program Cegah dan Lawan Faktor Risiko Kanker" : Program PTM Dinas Kesehatan Full Integrasi Lintas Program dan Lintas Sektor.

Hari Kanker Sedunia

Oleh : Ns.Budianto.,M.Kep : PTM Dinkes Kabupaten Majene

Senin, Tanggal 4 Februari 2018 dalam rangka memeperingati Hari Kanker Sedunia, Program PTM (Penyakit Tidak Menular) dan Promkes menginisiasi kegiatan "Pencanangan Program Cegah dan Lawan Faktor Risiko Kanker di Mulai dari diri sendiri'. Kegiatan ini di awali dengan menyampaikan hal ihkwal terkait kanker dan cara pencegahannya melalui isi pidato amanat pembina upacara dalam rangka apel siaga di Kantor Bupati Majene yang dibacakan oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan (H.Sudirman.,S.Pd.,M.Si).

Dalam isi pidatonya beliau mengatakan bahwa Kanker dapat di cegah dengan perilaku hidup CERDIK PTM dan juga mendatangi Posbindu PTM yang telah ada di masing-masing Desa/Kelurahan untuk memeriksakan kondisi tubuh sekaligus berkonsultasi agar tetap sehat dan jauh dari pentakit tidak menular kepada perawat sebagai pengelola program PTM di puskesmas dan kader kesehatan yang telah dibekali pengetahuan terkait PTM.

Kegiatan ini bekerjasama dengan seluruh Puskesmas diarea kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, Lintas Program dan Lintas Sektor. Program Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan senantiasa mendukung kegiatan PTM sesuai dengan kapasitas yaitu dengan menyediakan media promosi untuk di bagikan kepada peserta setelah upacara selesai. Demikian pula dengan program lain di Dinkes Majene, mereka mengarahkan setiap penanggungjawab di Puskesmas untuk mengsukseskan kegiatan Hari Kanker sedunia ini dengan expertise nya.

Puskesmas Banggae I dengan Kepala Puskesmas dr.Hj.Yupie Handayani.,M.Kes, mengarahkan pengelola PTM dan tim untuk membagikan leaflet pada beberapa titik di wilayah kerja Puskesmas seperti Pasar sentral Majene, Pertokokaan, kantor-kantor dan memberikan penyuluhan terkait Kanker dan tatalaksana pencegahannya pada siswa-siswi SMP serta membuka layanan IVA test bagi PUS 30-50th. Selain itu Puskesmas juga melakukan seminar yang bertema "CEGAH KANKER DIMULAI DARI DIRI SENDIRI". Seminar ini merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, CSR (Bank Pembangunan Daerah dan BRI) serta pihak swasta yaitu Distributor  suplemen kesehatan (FKC SYariah), yang juga memiliki tujuan yang sama yakni menurunkan angka Faktor Risiko PTM dan mengobati penderita dengan kasus-kasus PTM.

Demikian Pula dengan Puskesmas Banggae II, Puskesmas Totoli dan Puskesmas Lembang. Mereka juga memperingati Hari kanker sedunia dengan beberapa kegiatan promotif dan preventif di wilayah kerja puskesmas mereka. Dan bahkan sebagai niat untuk melayani masyarakat secara paripurna Puskesmas Banggae II membuka layanan pemeriksaan IVA test 24 jam selama 3 9tuga) hari. Hal ini dilakukan mengingat masih ada Masyarakat yang tidak sempat datang bilamana jadwalnya hanya di pagi hari oleh karena mereka adalah kelompok pekerja. sehingga dengan adanya informasi seperti ini diharapkan mereka datang untuk memeriksakan diri ke Puskesmas.

Berbeda dengan Puskesmas lainnya, Puskesmas Sendana I dan Sendana II memperingati Hari Kanker Sedunia dengan melakukan Senam CERDIK di lapangan depan kantor kecamatan. Setelah itu tim menyematkan pita oranye kepada Camat dan Sekertaris Camat sebagai tanda bahwa aparat pemerintah senantiasa mendukung program pencegahan paa faktor risiko kanker.

Kegiatan berjalan lancar dan menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan perilaku CERDIK. 


Artikel Sebelumnya
In House Training Tatalaksana Posbindu Ptm Bagi Kader Kesehatan Se_kecamatan Sendana Ii.

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia