30 Januari 2019

In House Training Tatalaksana Posbindu PTM Bagi Kader kesehatan Se_Kecamatan Sendana II.

In House Training Tatalaksana Posbindu PTM Bagi Kader kesehatan Se_Kecamatan Sendana II.

In House Training PTM Sendana II

Oleh : Ns.Budianto.,M.Kep : Dinkes Kabupaten Majene

Gerak Cepat Terintegrasi Program PTM Dinas Kesehatan Kab.Majene, Puskesmas Sendana II dan Aparat Kecamatan Tubo Sendana : In House Training Tatalaksana Posbindu PTM Bagi Kader kesehatan Se_Kecamatan Sendana II .

Sabtu, 22 Desember 2018. Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sendana II melakukan Gerakan Percepatan Terintegrasi layanan Posbindu PTM dengan menggandeng beberapa program kesehatan (Promkes dan Gizi) serta Aparat Desa dan Kecamatan Tubo Sendana. Kegiatan in house training ini dilakukan dengan sasaran kader kesehatan se_kecamatan Tubo Sendana. Dasar kegiatan ini dilakukan agar semua warga usia 15-59 tahun dapat mengakses layanan posbindu PTM, dimana mereka disana akan diberikan layanan deteksi dini penyakit tidak menular dan konseling kesehatan agar masyaakat mengetahui dan memahami pentingnya hidup sehat.

Dibuka oleh Bapak Suyitno.,S.Kep yang mewakili Kepala Puskesmas sendana II, Training  ini dilakukan dengan memberikan materi tentang Penyakit tidak menular dan tatalaksana Posbindu PTM serta praktikum langsung penggunaan alat-alat posbindu Kit PTM. Selain itu, pemateri juga memaparkan terkait surveilans PTM dan pencatatan/pelaporan kunjungan ke posbindu PTM, selanjutnya pengelola PTM Puskesmas Sendana II (Ibu Sakiah Syamsuddin.,S.Kep) juga memberikan praktik penggunaan alat opthalmoskopi komunitas yang fungsinya untuk mendeteksi ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran) yang merupakan dalam area kerja PTM.

Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta banyak yang bertanya terkait gejala dan penanganan beberapa penyakit tidak menular serta tatalaksana pencatatan dan pelaporan hasil pengukuran dan pemeriksaan pada posbindu PTM. Diskusi berlangusng dengan tertib, seru dan hangat, adik-adik Nusantara Sehat juga turut berpartisipasi dengan menjadi fasilitator saat diskusi berlangsung. 

Diakhir training pengelola Program Promosi Kesehatan membentuk Forum Komunikasi Posbindu PTM Tingkat Kecamatan Tubo Sendana, Forum ini dibentuk dengan maksud agar beberapa pihak dapat memiliki akses/media untuk melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap aktifitas dan kinerja penggiat Posbindu PTM nantinya. Selain itu, forum ini akan di manfaatkan pula untuk sebagai akses untuk mengajarkan kader posbindu PTM dalam merubah perilaku masyarakat di lingkungannya dengan bekal ilmu komunikasi perubahan perilaku (KPP) yang juga akan di ajarkan oleh pengelola Promkes.

Dengan adanya in house training PTM terintegrasi ini, di harapkan kader mampu memetakan masalah, memberikan layanan kesehatan PTM dan akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Artikel Sebelumnya
Desa Cerdik Bebas Ptm : Akselerasi Inovasi Program Ptm Dinkes Kabupaten Majene Dan Puskesmas Banggae Ii
Artikel Selanjutnya
"pencanangan Program Cegah Dan Lawan Faktor Risiko Kanker" : Program Ptm Dinas Kesehatan Full Integrasi Lintas Program Dan Lintas Sektor.

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia