21 Agustus 2019

Grebek Masjid PTM SEHARI CERIA (Sehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua) di Wilayah Puskesmas Salutambung Tiap Jum'at

Grebek Masjid PTM SEHARI CERIA (Sehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua) di Wilayah Puskesmas Salutambung Tiap Jum'at

Tim Grebek Masjid PTM Ceria (Sehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua) sedang melakukan kegiatan deteksi dini faktor risiko PTM dengan jamaah masjid sebagai sasaran di salah satu tempat ibadah setiap Jumat

Oleh : Ns.Budianto.,M.Kep : PJ Program PTM Dinkes Kabupaten Majene

Setiap Jumat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayahya, Puskesmas Salutambung selenggarakan Posbindu Grebek Masjid PTM Sehari Ceria(Sehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua)di lokasi berbeda dalam satu kecamatan

Puskesmas Salutambung merupakan salah satu puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Majene. Puskesmas ini melayani kegiatan UKP dan UKM seperti puskesmas lainnya di Indonesia.

Untuk kegiatan UKM, Puskesmas Salutambung memiliki SDM yang telah diberi tanggung jawab sesuai profesi dan tugas dan fungsinya masing-masing.

Tugas dan fungsi melayani komunitas dilakukan oleh SDM Pengelola Program Penyakit Tidak Menular (PTM) yang merupakan perawat komunitas dan adik Petugas Nusantara Sehat (Abdul Kadir Jaylani.,A.Md.Kep).

Yang unik dan merupakan salah satu inovasi dari pengelola program PTM di wilayah kerja Puskesmas Salutambung ini adalah bahwa mereka membentuk TIM KERJA PTM yang melakukan Posbindu GREBEK MASJID PTM SEHARI CERIA  yang merupakan kepanjangan dariSehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua pada setiap hari Jumat di lokasi berbeda pada Desa/Kelurahan yang ada di wilayah kerjanya.

Pengelola PTM Puskesmas Salutambung sebagai koordinator tim yang terdiri dari beberapa profesi (dokter, perawat, bidan, gizi dan kesmas) membagi anggota Tim Kerja PTM di setiap hari Jumat. Ide Inovasi ini muncul diawali dengan hasil SWOT analisis bersama di Dinkes Kabupaten terkait angka capaian skrining Usia Produktif masih jauh dari target yang telah ditetapkan untuk Puskesmas Salutambung. 

Mengapa hari Jum'at ? pertanyaan yang kami lontarkan selaku pengelola Program PTM di Kabupaten Majene kepada kedua tenaga kesehatan yang menginisiasi kegiatan ini. Jawabannya adalah rata-rata pekerjaan warga di wilayah kerja Puskesmas adalah berkebun dan berdagang sehingga untuk mendatangi Posbindu PTM yang telah di dirikan di Desa masing-masing sangatlah sulit. Situasi ini mendorong Pengelola PTM Puskesmas mencari solusi bagaimana cara agar capaian skrining dapat diperoleh sesuai target perencanaan.

Akhirnya ditemukan cara dengan mendatangi tempat berkumpul warga dan salah satu tempat berkumpul warga yang terbanyak seperti lokasi ibadah di hari Jumat yaitu masjid. Demikian kegiatan Inovasi GREBEK MASJID PTM SEHARI CERIA (Sehat Hari Ini Ceria Dimasa Tua) mulai terselenggara. 

Walhasil setelah dilakukan dalam beberapa bulan, capaian deteksi dini faktor risiko PTM  pada usia 15 tahun keatas alhamdulillah terlihat signifikan meningkat.

Penulis :Ns.Budianto.,M.Kep / Editor : anitasari


Artikel Sebelumnya
"pencanangan Program Cegah Dan Lawan Faktor Risiko Kanker" : Program Ptm Dinas Kesehatan Full Integrasi Lintas Program Dan Lintas Sektor.
Artikel Selanjutnya
Puskesmas Sendana I : Gerakan "assayanni Passikolae" Dengan Makkalinda'daq