19 Oktober 2018

Pasar Sehat : Bersih Bersih Pasar- PRA HKN 2018 di Pasar Kramatjati Jakarta Timur

Pasar Sehat : Bersih Bersih Pasar- PRA HKN 2018 di Pasar Kramatjati Jakarta Timur

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek memberikan kuis pada peserta bersih-bersih di Pasar Kramat Jati, Jakarta 19 Oktober 2018

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Rangkaian kegiatan memperingati HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) TAHUN 2018 Kementerian Kesehatan RI diantaranya melakukan kegiatan bersih-bersih pasar di Pasar Kramatjati yang melibatkan masarakat komunitas pasarnya, hal tersebut selaras dengan Tujuan Program pasar sehat yaitu untuk mewujudkan pasar rakyat yang bersih, aman, nyaman, dan sehat melalui kemandirian

dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian 
Penyakit Tidak Menular memberikan penyuluhan mengenai Penyakit Tidak
Menular dan pentingnya Deteksi Dini FR PTM di Pasar Kramat Jati, Jakarta
19 Oktober 2018

Pendekatan Pasar Sehat merupakan suatu upaya yang bersifat integratif dan sinergi dengan berbagai upaya untuk menjamin kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat sehingga seluruh aktivitas di dalam pasar dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan peruntukannya. Pasar tersebut dipengaruhi oleh keberadaan produsen hulu (penyedia bahan segar), pemasok, penjual, konsumen, manajer pasar, petugas yang berhubungan dengan kesehatan dan tokoh masyarakat. Oleh karena itu, komitmen dan partisipasi aktif para stakeholder dibutuhkan untuk mengembangkan Pasar Sehat.

Kementerian Kesehatan RI telah melaksanakan peningkatan kapasitas komunitas pasar kramatjati dengan melakukan pemberdayaan masyarakat pasar melalui metoda PHAST (Pelatihan Participatory Hygiene and Sanitation Transformation), selanjutnya di fasilitasi pembentukan Kelompok Kerja (Pokja pasar sehat) dan rencana kerja masyarakat pasar

Kegiatan Bersih-Bersih di Pasar Kramat Jati, Jakarta
19 Oktober 2018

Food Safety

Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia diperingati setiap tanggal 26 September, dengan tema di tahun 2018 yaitu Global Food Safety and Sustainability. Food Safety adalah cara penanganan, penyimpanan dan penyajian makanan untuk mencegah infeksi dan menjaga nilai nutrisi yang terkandung dalam makanan guna mencukupi kebutuhan makanan sehat bagi manusia. Salah satu cara menerapkan food safety adalah dengan menghindari penggunaan styrofoam yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan, selain itu bahan pangan yang di dapatkan dari Pasar rakyat juga menjadi fokus penting dalam meminimalisir faktor resiko.


Pasar Kramat Jati

Sesuai Peraturan Pemerintah No. 66 tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan, upaya Penyehatan Kesehatan Lingkungan dilakukan dengan penyehatan, pengendalian, dan pengamanan terhadap lingkungan Permukiman, Tempat Kerja, Tempat Rekreasi serta Tempat dan Fasilitas Umum (termasuk Pasar Rakyat) melalui media lingkungan yang terdiri dari air, energi, udara dalam ruang, sanitasi serta lahan dan penghijauan, untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, kecelakaan dan meningkatkan keselamatan pengguna/komunitas di tempat dan fasilitas umum.

Penyelenggaraan Program Pasar Sehat sesuai amanah Kepmenkes RI no 519 Tahun 2008 sangat strategis sebagai upaya memperkuat biosekuriti pada rantai pangan yang akan (i) meningkatkan keamanan pangan sejak produksi hingga konsumsi, (ii) mendidik produsen, pemasok, pedagang, dan konsumen, serta (iii) sebagai konsekuensinya, kesadaran mereka akan meningkat terhadap risiko keamanan pangan, seperti kontaminasi silang, penularan flu burung dan penyakit-penyakit lain yang dihantarkan pangan, dan perilaku berisiko tinggi

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memberikan satu set Alat Pembersih Pasar 
pada Pokja Pasar Kramat Jati, Jakarta 19 Oktober 2018

Pokja Pasar Sehat

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada kesempatan pagi ini meninjau pelaksanaan bersih-bersih pasar di pasar Kramat Jati. Dalam kesempatan tersebut Nila  memberikan satu set Alat Pembersih Pasar pada Pokja Pasar pasar Kramat Jati yang dapat digunakan dalam kegiatan bersih bersih pasar selanjutnya sehingga diharapkan kegiatan program pasar sehat di Kramatjati dapat berkesinambungan. Pemberian Alat Pembersih Pasar pada Pokja Pasar Kramatjati tersebut sekaligus merupakan Launching terbentuknya Pokja Pasar Sehat di Pasar Kramatjati Jakarta Timur.

Mendukung kegiatan bersih-bersih pasar juga dilakukan penyuluhan mengenai Penyakit Tidak Menular. Selain aktifitas bersih -bersih lingkungan tempat kerja, untuk para pedagang dan karyawan Pasar Kramat Jati dibekali edukasi mengenai bagaimana mencegah PTM mulai dari diri sendiri sesuai tema HKN #AkuCintaSehat -Hidup Sehat Mulai Dari Kita  dan Ayo ke Posbindu untuk deteksi dini faktor Risiko Penyakit Tidak Menular.


Antrian Cek Kesehatan Gratis di Pasar Kramat Jati
Jakarta 19 Oktober 2018

Diawali senam bersama yang diikuti lebih 400 pedagang dan karyawan, penyuluhan untuk pedagang dilanjutkan dengan deteksi dini PTM gratis , kegiatan bersih bersih lingkungan pasar dan layanan mobil pemeriksaan kesehatan jiwa. Pasar yang biasanya macet dan sibuk pada pagi hari karena aktifitas perdagangan, sejenak lebih sepi. Seorang pedagang pasar mengungkapkan "Biasanya macet di jalan ini, kami hari ini bersih-bersih dan tidak dagang. Pengumuman oleh orang kantor (manajemen-red) sejak kemarin sore jam lima sampai dini hari kegiatan perdagangan sementara dihentikan untuk bersih bersih pagi ini, kita mengikuti senam dan cek kesehatan gratis. Nggak papa hari ini nggak jualan, tapi kami senang dan puas ada layanan tensi dan cek gula darah". ujarnya sambil menunjuk teman-temannya yang masih asik bergoyang di panggung sambil menunggu antrean.

Pengukuran Lingkar Perut, Cek Kesehatan Gratis di Pasar Kramat Jati, 
Jakarta 19 Oktober 2018

Layanan Sehat Jiwa, Cek Kesehatan Gratis di Pasar Kramat Jati, 
Jakarta 19 Oktober 2018



Artikel Sebelumnya
Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak
Artikel Selanjutnya
Gaya Hidup Sehat Ala Survivor Kanker

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia