19 April 2018

Fasilitas Kesehatan Dalam Negeri Sudah Mumpuni

 Fasilitas Kesehatan Dalam Negeri Sudah Mumpuni

Seorang ayah menceritakan pengalamannya saat Menkes Nila F Moeloek berkunjung di Puskesmas Balai Karang, Kalimantan Barat (17/04). Anaknya lahir dan dirawat di Puskesmas dengan tanpa dipungut biaya karena sudah ditanggung #JKN. Untuk meyakinkan sang ayahpun menunjukan kartu #KIS kepada Menkes disaksikan isterinya yang tersenyum cerah.

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Sanggau, 17 April 2018

Masyarakat yang berobat ke luar negeri sebenarnya bisa ditangani di Indonesia seperti penderita diabetes dan hipertensi. Karena, fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) yang ada sudah mumpuni, terutama di daerah perbatasan.

“Penyakit-penyakit tersebut sebenarnya bisa ditangani di Puskemas perbatasan ini. Kini Puskesmas sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium,” tutur Menkes Nila Moeloek usai meresmikan Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan, Kalimantan Barat, Selasa (17/4).

“Selain itu SDM Kesehatan, sarana dan prasarana Puskesmas kita sudah mumpuni dan juga melayani KIS (program JKN),” tambah Menkes Nila.

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perbatasan negara tetangga, berobat ke luar negeri adalah hal biasa. Hal ini dilakukan dengan alasan fasilitas kesehatan di sana lebih lengkap dan lebih baik.

Melihat fenomena tersebut, Kementerian Kesehatan bergerak untuk meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan, yaitu dengan membangun 124 puskesmas di daerah perbatasan di Indonesia dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017. Hingga saat ini 80% Puskesmas telah selesai pembangunannya, seperti Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan ini.

“Dengan dibangunnya Puskesmas tersebut, harapannya di perbatasan bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang optimal di negeri sendiri,” kata Menkes. (Rokomyanmas)


Artikel Sebelumnya
Menkes Tinjau Langsung Pelaksanaan Tes Iva Di Papua Barat
Artikel Selanjutnya
Lindungi Keluarga Dari Diabetes

Upcoming Agenda
07 April 2021

Hari Kesehatan Sedunia 2021

06 April 2021

Hari Aktivitas Fisik Sedunia 6 April 2021

27 Maret 2021

Seminar Kesehatan : Gerakan Lawan Obesitas, Lawan COVID-19

04 Maret 2021

Hari Obesitas Sedunia 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia