15 Mei 2019

Dirjen Yankes Sebut Tidak Ada Kematian Tidak Wajar

Dirjen Yankes Sebut Tidak Ada Kematian Tidak Wajar

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI (Dirjen Yankes) dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS (Foto : Ditjen Yankes)

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Sebanyak 498 petugas Pemilu 2019 meninggal dengan wajar. Tidak ada kematian yang tidak wajar.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS mengatakan kita sendiri harus percaya pada dokter atau tenaga kesehatan di lapangan bahwa mereka sudah bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan pelayanan saat penyelenggaraan Pemilu 2019, dan tenaga kesehatan ini yang bisa menentukan apa penyebab kematian tersebut dan kemudian kematian ini wajar atau tidak.

“Dan selama ini adalah (kematian) dilaporkan wajar. Artinya semua kematian yang terjadi ada alasan yang jelas tidak ada kematian yang misterius. Karena kalau dari sisi medis kalau tidak wajar petugas kesehatan harus lapor ke kepolisian untuk dilakukan tindak lanjut, artinya selama ini tidak ada yang dilaporkan untuk tindak lanjut,” katanya saat menjadi narasumber di salah satu stasiun TV nasional, senin (13/5).

dr. Bambang melanjutkan meninggalnya petugas Pemilu itu bisa dipicu oleh kelelahan. Artinya ada stressor yang bisa meyebabkan memperberat kondisi petugas Pemilu sehingga meninggal.

Tidak hanya faktor kelelahan, tapi ada faktor psikis yang menyebabkan pemicu penyakit yang diderita Petugas. Ia juga mengungkapkan ada juga penyakit penyerta yang mungkin sudah diderita korban tapi belum diketahui sebelumnya atau yang sudah diketahui sebelumnya.(Rokomyanmas)


Artikel Sebelumnya
Petugas Pemilu Meninggal Di 24 Provinsi Sudah Terdata
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Dan Lembaga Independen Lakukan Audit Medik Dan Autopsi Verbal Untuk Ketahui Sebab Meninggalnya Anggota Kpps

Upcoming Agenda
31 Mei 2020

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020

25 Mei 2020

Hari Tiroid Sedunia 2020

17 Mei 2020

Hari Hipertensi Sedunia, 17 Mei 2020

10 Mei 2020

Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2020

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia