18 April 2019

Anda perokok? Ingin berhenti merokok?

Anda perokok?  Ingin berhenti merokok?

Ilustrasi: logo layanan upaya berhenti merokok Quitline 0 800 177 6565 bebas biaya pulsa (toll free) yang akan membantu dan mendukung Anda untuk terbebas dari kecanduan rokok (desain logo: Ira Carlina/pengarah desain : anitasari)

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Berhenti merokok adalah suatu keputusan penting yang  terbaik dalam hidup Anda. Jika Anda siap berhenti merokok, kami siap membantu Anda

Quitline 0 800 177 6565 adalah sebuah inovasi yang dikembangkan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular  Kementerian Kesehatan  RI yang hadir  membantu Anda dengan memberikan layanan konseling berhenti merokok melalui telepon bebas biaya pulsa dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Pada konseling perdana Anda hanya perlu menghubungi  0 800 177 6565 melalui telepon genggam(HP) atau PTSN(Telepon biasa/Fixed line), selanjutnya konselor terlatih kami akan menghubungi Anda sesuai perjanjian.

Menjadi non-perokok adalah proses yang membutuhkan waktu dan tekad. Pada akhirnya Anda sama sekali tidak ingin merokok. Bahkan Anda akan merasa sulit membayangkan Anda pernah suka merokok. Sebelum Anda mencapai titik itu, Anda mungkin menghadapi tantangan berat yang menguji tekad Anda untuk berhenti dari ketergantungan terhadap nikotin. 

Konselor kami akan mendukung Anda dengan menyusun rancangan dan strategi berhenti merokok, membuat  jadwal konseling untuk membantu Anda mengatasi kecanduan merokok. Konselor akan mendengarkan keluhan Anda dan memberikan alternatif cara cara mengatasi ketagihan, mendampingi Anda selama masa-masa sulit  dan membantu Anda tetap termotivasi hingga akhirnya terbebas dari rokok.

Layanan bebas biaya ini akan memberi Anda dukungan berkelanjutan sampai Anda sukses berhenti merokok. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memanfaatkan Quitline cenderung berhasil berhenti daripada mereka yang berupaya sendiri. Layanan gratis kami dikembangkan sejalan dengan praktik terbaik internasional, penelitian, dan umpan balik klien di banyak negara yang disesuaikan dengan situasi lokal. Kami membantu ratusan orang yang sama seperti Anda yang berupaya berhenti merokok setiap tahunnya dan akan semakin bertambah banyak seiring dicantumkannya nomor layanan ini pada setiap bungkus rokok.(Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2013 tentang pencantuman Peringatan Kesehatan  dan Informasi Kesehatan pada kemasan produk tembakau)

Hubungi Quitline  0 800 177 6565 antara jam  8 pagi hingga 22.00 pada hari Senin sampai Jumat, dan antara jam 08.00 sampai dengan 21.00 di hari Sabtu. Konselor kami akan membantu Anda menyiapkan rencana berhenti merokok, mengembangkan strategi yang paling tepat untuk Anda mengatasi hasrat merokok, menghindari pemicu dan tantangan berhenti merokok lainnya. Berbagai pilihan cara untuk berhenti merokok akan diberikan, konselor akan mendukung dan mendampingi Anda sesuai alternatif cara yang Anda pilih. Pada tahapan konsultasi selanjutnya konselor akan menghubungi Anda melalui nomor telepon yang telah Anda daftarkan dan waktu akan disesuaikan dengan jadwal yang disepakati bersama. Konsultasi ini bersifat konfidensial, kerahasiaan Anda akan kami jaga, sehingga Anda akan merasa nyaman berkonsultasi.

Setiap jam, hari, minggu, bulan dan tahun dalam hidup Anda terbebas dari rokok  akan berarti meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Berhenti merokok memang sulit, tetapi bukan hal yang mustahil.

Anda akan merasakan manfaat langsung ketika Anda berhenti , kapan itu?  saatnya adalah ketika anda merasakan tubuh Anda mulai bergerak memulihkan diri. 

Berhenti merokok pada usia berapapun akan sangat  bermanfaat. Tidak hanya meningkatkan harapan hidup namun juga akan meningkatkan kualitas hidup.

Kami ada untuk Anda yang memiliki langkah cerdas untuk sukses dan memilih hidup lebih berkualitas, salam sehat. (anitasari)


Artikel Sebelumnya
Kemenkes Terus Upayakan Kurangi Masalah Gangguan Pendengaran
Artikel Selanjutnya
Jumlah Konsumsi Tembakau Di Bali Menurun

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia