07 Agustus 2018

Screening IVA Test di Puskesmas Onekore Kabupaten Ende Provinsi NTT

Screening IVA Test di Puskesmas Onekore Kabupaten Ende Provinsi NTT

peserta IVA Test di Puskesmas Onekore

Oleh : andi masriani

Tes IVA merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Tes IVA diketahui tidak sakit dan dinilai efektif mendeteksi kanker serviks.

“Tidak sakit dan cuma sebentar. Saya baru pertama kali tes ini setelah menikah 10 tahun lalu,” ujar salah seorang ibu seusai menjalani tes IVA  di Puskesmas Onekore Kabupaten Ende pada tanggal 3 Agustus 2018. ia mengaku selama ini tak pernah ada keluhan sakit.

Setelah tes IVA, area genitalnya pun juga dibersihkan karena terlihat bercak seperti jerawat. Ia juga diberi obat untuk menghilangkan bercak seperti jerawat tersebut. “Kalau tidak dibersihkan khawatir akan berkembang menjadi kanker,” kata dia.

Tes IVA dilakukan hanya sekitar 3 sampai 8 menit. Dokter akan meneteskan asam astetat ke leher rahim. Perubahan warna akan menunjukkan ada atau tidaknya masalah pada leher rahim. Normal kalau tidak ada perubahan warna. 

Sekitar 30 ibu-ibu dari kelurahan Onekore dan Paupire yang mengikuti pemeriksaan IVA di puskesmas tersebut. Para ibu-ibu pun  rela antre untuk menjalani tes IVA yang dilayani oleh beberapa Bidan terlatih.

Tes IVA sebaiknya rutin dilakukan satu tahun sekali setelah menikah. Tes IVA cukup murah jika dibanding sejumlah tes lain untuk deteksi kanker. Tes IVA dapat dilakukan di puskesmas dengan biaya maksimal Rp 25.000.


Artikel Sebelumnya
Pelatihan Upaya Berhenti Merokok Bagi Tenaga Kesehatan Dan Guru Di Kabupaten Nagekeo Ntt
Artikel Selanjutnya
Sosialisasi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Hidup Masyarakat Di Kabupaten Manggarai Barat

Upcoming Agenda
03 Desember 2021

Hari Disabilitas Internasional 2021

17 November 2021

Hari PPOK Sedunia 2021

14 November 2021

Hari Diabetes Sedunia 2021

12 November 2021

Hari Kesehatan Nasional Ke-57

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia