12 Oktober 2018

Video Confrence Dengan Ibu Menteri Kesehatan Dalam Rangka Hari Penglihatan Sedunia dan Launching SIGALIH

Video Confrence Dengan Ibu Menteri Kesehatan Dalam Rangka Hari Penglihatan Sedunia dan Launching SIGALIH

(Ki - Ka) dr. Danniel Siegers, SPM (Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen), drg. Wendy Pelupessy, M.Kes (Kadinkes Kota Ambon), dr. Meikyal Pontoh, M.Kes (Kadinkes Provinsi Maluku), dr. Ritha Tahitu, M.Kes (Kabid P2P Dinkes Prov. Maluku) Sedang mengikuti Video Confrence dengan Ibu Menteri Kesehatan dalam Rangka Hari Penglihatan Sedunia dan Launching SIGALIH #Mata Sehat Untuk Semua.

Oleh : PPTM Ambon

Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Kota Ambon, dengan didampingi oleh Kepala Bidang P2P dan Kasie P2PTM Keswa Dinkes Prov. Maluku, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Kasie P2PTM Keswa Dinkes Kota Ambon, Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon - Vlissingen, Kepala Puskesmas Karang Panjang, Pengelola P2PTM Puskesmas Amahusu dan Tawiri, Serta Kader Posbindu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meikyal Pontoh, M.Kes berkesempatan melakukan Video Confrence dengan Ibu Menteri Kesehatan pada Acara Puncak Peringatan Hari Penglihatan Sedunia dan Launching Sistem Informasi Gangguan Penglihatan (SIGALIH). Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Menyampaikan :

  • Mengingat keterbatasan SDM kesehatan terutama Dokter Spesialis Mata/Perawat Mata di Maluku dan Kondisi Geografis Maluku yang sulit terutama untuk distribusi SDM maka telah ditetapkan Kebijakan kesehatan berbasis Gugus Pulau yang didalamnya mengakomodir pelayanan kesehatan masyarakat termasuk pelayanan kesehatan mata. Sesuai Peraturan Gubernur Maluku tentang layanan kesehatan Gugus Pulau nomor 23 tahun 2018 untuk mengatasi keterbatasan akses dan upaya pelayanan faskes bergerak.
  • Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi terkait untuk pelaksanaan penanggulangan Gangguan Penglihatan termasuk dalam kegiatan dalam rangka upaya promotif, preventif dan juga rehabilitatif di pusat-pusat gugus dengan pendekatan gugus pulau.
  • Mengalokasikan melalui APBD 2019 untuk peningkatan kapasitas tenaga kesehatan Puskesmas dan kader posbindu dalam kegiatan deteksi dini faktor risiko PTM termasuk gangguan penglihatan serta pengenalan SIGALIH (system informasi penanggulangan gangguan penglihatan dan Kebutaan).
  • Terutama didaerah yang akses internet cukup baik (Kota Ambon, Kab. SBB (percontohan desa Waimital), Kab. Buru Desa Savana Jaya)
  • Mengusulkan untuk dilaksanakan pelatihan terpadu untuk PTM secara regional gugus Pulau (56 Gugus, atau 5 Regio) (Pelatihan PKM Pandu, pelatihan Posbindu, Kanker dalam satu paket pelatihan). Target 2019 : 50% puskesmas sesuai renstra.
  • Bulan November, akan dilantik komite mata daerah Maluku yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program penanggulangan gangguan penglihatan tingkat daerah.

#Mata Sehat Untuk Semua


Artikel Sebelumnya
Sosialisasi Dan Uji Coba Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan (sigalih) Di Kota Ambon
Artikel Selanjutnya
Pemeriksaan Iva Dan Sadanis Dwp Bpjn Xvi Ambon Dalam Rangka Breast Cancer Awareness Tahun 2018

Upcoming Agenda
24 Oktober 2018

Hari Dokter Nasional

20 Oktober 2018

Hari Osteoporosis Sedunia

19 Oktober 2018

Pra-HKN 54 Pasar Kramat Jati

10 Oktober 2018

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia