27 September 2018

Sosialisasi dan Uji Coba Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan (SIGALIH) di Kota Ambon

Sosialisasi dan Uji Coba Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan (SIGALIH) di Kota Ambon

dr. Daniel Siegers, SpM dari Balai Kesehatan Mata Ambon - Vlissingen sedang mengarahkan Ibu Kader Posbindu PTM untuk mempraktekkan cara melakukan Deteksi Dini Gangguan Penglihatan dengan Metode Hitung Jari pada Acara Sosialisasi dan Uji Coba Sistem Informasi Penangggulangan Gangguan Penglihatan (SIGALIH) di Kota Ambon.

Oleh : PPTM Ambon

Tanggal 25 - 26 September 2018  Tim Subdit Gangguan Indera dan Fungsional Kemenkes RI dan Rumah Sakit Mata Nasional Cicendo Bandung Bekerja Sama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen, melaksanakan Sosialisasi dan Uji Coba Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan  (SIGALIH) bagi dokter Puskesmas, Petugas P2PTM Puskesmas dan Kader Posbindu PTM. 

SIGALIH adalah aplikasi pencatatan dan pelaporan online yang dikembangkan oleh Rumah Sakit Mata Nasional Cicendo - Bandung. SIGALIH dibangun untuk mendapatkan data deteksi dini gangguan penglihatan berbasis masyarakat.

Dalam program ini Kader Posbindu PTM menjadi ujung tombak dalam melakukan deteksi dini sederhana gangguang penglihatan di masyarakat melalui pemeriksaan Visus dengan metode hitung jari.

Hasil pemeriksaan dilaporkan oleh kader secara online di Aplikasi SIGALIH termasuk rujukan berjenjang bagi yang mengalami gangguan penglihatan juga secara online.

Diharapkan aplikasi ini dapat menghasilkan data pemetaan gangguan penglihatan di Indonesia, sehingga menjadi dasar kebijakan pencegahan dan penanggulangan kebutaan di Indonesia.


Artikel Sebelumnya
Posbindu Ptm Wairuhu
Artikel Selanjutnya
Video Confrence Dengan Ibu Menteri Kesehatan Dalam Rangka Hari Penglihatan Sedunia Dan Launching Sigalih