08 Agustus 2019

POS CANTIK PTM Puskesmas Poka

POS CANTIK PTM Puskesmas Poka

Spanduk Pos Cantik PTM Puskesmas Poka

Oleh : Frids Latukarlutu

Pelayanan Kesehatan di Wilayah Perkotaan dengan karakteristik masyarakat  urban memiliki tantangan kompleks, terutama kesesuaian waktu  antara waktu pelayanan dan jam kerja masyarakat perkotaan. Tantangan ini memunculkan berbagai ide kreatif sebagai strategi pelayanan kesehatan oleh Puskesmas di Perkotaan.POS CANTIK PTM Puskesmas Poka adalah solusi cantik untuk cegah dan kendalikan PTM di wilayah puskesmas tsb.

Sebagai Puskesmas di Wilayah Perkotaan dan wilayah kerja di lingkungan pendidikan (Universitas Pattimura dan Politeknik Negeri Ambon) Puskesmas Poka memiliki karakteristik wilayah dengan mobilitas kependudukan yang tinggi serta status kependudukan mengambang dari para mahasiwa pada kedua perguruan tinggi tersebut, selain terdapat industri besar berupa PLTD Poka dan Depo Pertamina Wayame. Wilayah Kampus sering menjadi lokasi MICE skala besar.

Menurut dr. Johan S. Norimarna selaku Kepala Puskesmas Poka tantangan dan peluang ini menelurkan ide kretif dalam strategi pelayanan kesehatan oleh Puskesmas Poka, antara lain POS CANTIK PTM (Pos Cari dan Temukan Penyakit Tidak Menular). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menemukan secara dini Faktor Resiko PTM di Masyarakat dan Penyakit PTM agar dapat ditangani dan edukasi gaya hidup secara dini, cepat dan tepat, sehingga dapat menurunkan penyakit - penyakit katastropik.

Pos Cantik PTM ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan Skrining Kesehatan Penduduk Usia produktif bersama dengan pelaksanaan POSBINDU PTM Konvensional. Kegiatan perdana Pos Cantik PTM di PLTD Poka bagi para karyawannya, pada kegiatan dimaksud ditemukan 6 penderita baru Hipertensi dan 2 penderita Baru DM dimana mereka tidak menyadari sebelumnya bahwa mereka mengidap PTM, sehingga kami dapat mengedukasi orang muda bahwa PTM merupakan  penyakit orang tua hanyalah mitos, namun yang bernar adalah PTM berhubungan dengan gaya hidup.

Kedepan kegiatan ini menyasar ke Kegiatan MICE yang diselenggarakan di lingkungan kampus kedua Perguruan Tinggi tersebut.


Artikel Sebelumnya
Pesta Bergensi Program Ptm Kreatif Puskesmas Passo
Artikel Selanjutnya
Camat Sirimau Dukung Tiap Desa Di Wilayahnya Miliki Pobindu Di Tahun 2020