15 Juli 2019

PESTA BERGENSI Program PTM Kreatif Puskesmas Passo

PESTA BERGENSI Program PTM Kreatif Puskesmas Passo

Foto Tim Puskesmas Passo - Kota Ambon dan Karyawan Hypermart Ambon City Center

Oleh : Frids Latukarlutu

Salah satu hambatan Program PTM di Wilayah Perkotaan adalah ketersediaan waktu, hali ini dikarenakan waktu pelayanan kesehatan bersamaan dengan waktu kerja masyarakat perkotaan. Untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi para  pekerja di sektor formal,  Puskesmas Passo - Kota Ambon mendatangi para pekerja di tempat kerja mereka, salah satunya lewat Program PESTA BERGENSI (Pemeriksaan Kesehatan, Bergegas Ngecek Gula Tensi).

Menurut Penggagas Program ini; dr. Stevany Saimima dan Jul Hursepuny,S.Kep.,Ns (Pengelola PTM), seiring dengan perubahan demografi wilayah Passo dari kawasan pertanian menjadi kawasan pengembangan ekonomi baru di Kota Ambon, kawasan Passo berubah dari penghasil sayur mayur menjadi kawasan perbelanjaan dan pergudangan, saat ini sebagian besar penduduk Passo dan sekitarnya bekerja di sektor formal, hal ini menjadi kendala Puskesmas Passo dalam pelaksanaan Skrining Kesehatan Penduduk usia Produktif jika hanya dilaksanakan di Posbindu PTM Biasa, maupun lewat Program PIS-PK. Untuk itu program PESTA BERGENSI dicetuskan untuk menjawab tantangan ini dengan mendatangi tempat  kerja dengan jumlah karyawan banyak seperti Mall dan Pergudangan. Diharapkan kegiatan ini secara bertahap ditingkatkan menjadi Posbindu PTM Khusus pada masing - masing tempat kerja.

Kegiatan PESTA BERGENSI Perdana dilaksanakan tanggal 10 Juli 2019 bagi Karyawan Hypermart dan Pengunjung di Mall Ambon City Center Passo - Ambon.


Artikel Sebelumnya
Booth P2ptm Dinkes Propinsi Maluku Pada Acara Pengukuhan Duta Parenting Maluku
Artikel Selanjutnya
Pos Cantik Ptm Puskesmas Poka