16 Januari 2019

Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara serta Terapi Lesi Prakanker - Female Cancer Program dan Dinas Kesehatan Kota Ambon

Pelatihan  Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara serta Terapi Lesi Prakanker - Female Cancer Program dan Dinas Kesehatan Kota Ambon

Dr.dr. Laila Nuranna, SpOG(K) dari FCP Jakarta, sedang menguji peserta pelatihan (IVA Test) pada Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara serta Terapi Lesi Prakanker - Female Cancer Program dan Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Oleh : Frids Latukarlutu

Female Cancer Programe yang di dukung Oleh Female Cancer Foundation Netherlands bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon menyelenggarakan Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara (pemeriksaan IVA dan SADANIS) bagi Dokter Umum dan Bidan dari 22 Puskesmas di Kota Ambon dari tanggal 7 - 10 Januari 2019 dan juga pelatihan penjangkuan bagi Kader IVA. 

Fasilitator pelatihan berasal dari FCP Jakarta, FCP Ambon dan RSUD dr. M. Haulussy Ambon, dengan Metode Pelatihan Pembelajaran Orang Dewasa, Dry Workshop dan Praktek Lapangan.

Pada praktek lapangan para Kader penjangkau "menggaet" 2 orang ibu  untuk diperiksa IVA - SADANIS di Puskesmas, kemudian peserta pelatihan melakukan pemeriksaan IVA - SADANIS di bawah supervisi ketat Tim Fasilitator.

Pada saat praktek lapangan ditemukan 3 kasus IVA Positif dan langsung dilakukan Kryoterpi sehingga peserta pelatihan dapat menyaksikan secara langsung proses pelaksanaan tindakan Kryoterapi.

Diharapkan setelah pelatihan ini peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di Puskesmas masing - masing.

See and Treat

Saat ini tersedia Alat Kryoterapi di Kota Ambon, sehingga diharapkan Program "See and Treat" yang menjadi Tagline Female Cancer Programe (FCP) dapat dijalankan di Kota Ambon. "See and Treat" diterjemahkan secara teknis kegiatan adalah Kasus IVA Positif di Kryoterapi saat itu juga (Kryoterapi pada hari yang sama).

Dinas Kesehatan Kota Ambon berterima kasih kepada Female Cancer Programe dalam dukungannya terhadap peningkatan kapasitan SDM terkait Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Kota Ambon.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan Cakupan Pelayanan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Kota Ambon. 

#seeandtreat #IngatVaginaAnda


Artikel Sebelumnya
Pemeriksaan Iva Sadanis Jalasenastri Lantamal Ix Ambon
Artikel Selanjutnya
Kebun Sahabat Jiwa Part I : Kegiatan Inovasi Program Keswa Dinas Kesehatan Kab. Seram Bagian Timur Dengan Puskesmas Bula