21 Agustus 2019

Camat Sirimau Dukung Tiap Desa di Wilayahnya Miliki Pobindu di Tahun 2020

Camat Sirimau Dukung Tiap Desa di Wilayahnya Miliki Pobindu di Tahun 2020

Megy Lekatompessy, SSTP - Camat Sirimau berpose di depan poster POSBINDU PTM. Tiap desa/kelurahan di Kecamatan Sirimau tahun 2020 diharapkan memiliki Posbindu PTM. Lokasi Kantor Kecamatan Sirimau - Ambon Agustus 2019

Oleh : Frids Latukarlutu

Dinas Kesehatan Provinsi Maluku melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM di Kecamatan Sirimau - Kota Ambon pada hari selasa 13 Agustus 2019, yang pelaksanaannya bertempat di Kantor Kecamatan Sirimau.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular  kepada para pemangku kepentingan di Desa/ Kelurahan agar deteksi dini faktor risiko PTM di Posbindu dapat berlangsung dengan baik, tanpa hambatan dan tersosialisasi kepada masyarakat.

Camat Sirimau Meggy Lekatompessy, SSTP.,M.Si pada saat pembukaan acara mengatakan  bahwa ada satu lagi pelayanan kesehatan berbasis masyarakat bagi penduduk usia produktif yang seharusnya ada di setiap desa.

Menurutnya selama ini yang umum diketahui adalah pelayanan kesehatan bagi balita dan lansia, sementara untuk penduduk yang bersusia 15-59 tahun belum terekspose di Kecamatan ini.

Terkait Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular, Camat Sirimau berkomitmen mengadvokasi pemerintah Desa/Kelurahan di Wilayah Kecamatan Sirimau untuk menganggarkan kegiatan Posbindu PTM dalam Dana Desa/Dana Kelurahan baik pembiayaan kader, pengadaan Posbindu Kit dan bahan habis pakai. 

Diharapkan semua desa/ kelurahan untuk mendukung dan mendorong tahun 2020 seluruh Desa/ Kelurahan di Kecamata Sirimau masing masing telah memiliki minimal satu Posbindu PTM.

Meggy Lekatompessy, SSTP merupakan Camat yang sangat mendukung setiap kebijakan pembangunan di bidang kesehatan, hubungan koordinasi dan kerjasama serta dukungan terhadap program - program kesehatan telah berlangsung lama, setidaknya selama periode menjadi Camat di Kecamatan Teluk Ambon Baguala.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Ambon, Remes J. Talle, SKM.,M.Kes, yakin bahwa Camat Sirimau dapat merealisasikan apa yang menjadi komitmennya, "Kami sangat yakin bila Ibu Meggy (Camat Sirimau red) menyatakan demikian pasti terlaksana, karena dukungan dan  kerjasama beliau terhadap program - program kesehatan tidak diragukan lagi.

Pada kesempatan yang sama Emma K. Hentihu, SKM.,M.Kes selaku Kepala Seksi P2PTM & Keswa Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, menaruh harapan penuh terhadap pernyataan Camat Sirimau tersebut, menurutnya ini merupakan penyataan Penyelenggara Pemerintahan terhadap pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal bagi masyarakat.

Penulis : Frids Latukarlutu /  Editor : Anitasari

Artikel Sebelumnya
Pos Cantik Ptm Puskesmas Poka