10 Desember 2018

Kegiatan Pertemuan Refreshing Petugas Pasca Pelatihan Portal Web Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Kegiatan Pertemuan Refreshing Petugas Pasca Pelatihan Portal Web Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Foto bersama dengan sebagian Peserta Refreshing Pelatihan Portal WEB

Oleh : PTM Kabupaten Pringsewu

Pringsewu-Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Bagian P2PTM, Kesehatan Jiwa dan NAPZA mengadakan Kegiatan Pertemuan Refreshing Petugas Pasca Pelatihan Portal Web Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Pertemuan Refreshing Petugas Pasca Pelatihan Portal WEB Program Pengendalian Penyakit tidak Menular di Kabupaten Pringsewu dilakukan selama 2 hari yaitu Hari Kamis dan Jumat tanggal 8 dan 9 November 2018 di Hotel Urban Style Pringsewu Lampung.  Para Narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu yang secara bergantian memberikan Materi mengenai Penyakit Tidak Menular, Evaluasi PElaporan Penyakit Tidak Menular secara Manual dan Aplikasi Portal WEB, pembahasan mengenai hasil Riskesdas tahun 2018, serta diskusi mengenai penggunaan Aplikasi Portal WEB Pengendalian Penyakit Tidak Menular sehingga para peserta lebih memahami pelaksanaan dan pencatatan kegiatan Posbindu.  Adapun Maksud dari diadakannya kegiatan ini adalah :

  1. Merefreshing para petugas puskesmas dan pengelola posbindu yang sudah pernah diberikan pelatihan pada tahun 2016 perihal upload data Posbindu PTM ke aplikasi portal WEB
  2. Tersedianya data dan informasi epidemiologi PTM sebagai dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan, pemantauan, evaluasi program pengendalian PTM.
  3. Tersedianya data dan informasi faktor risiko PTM sebagai bahan perencanaan, pemantauan, penilaian dan evaluasi program pengendalian PTM

Peserta Kegiatan ini sebanyak 110 orang yang terdiri dari 13 orang Pengelola Program Penyakit Tidak Menular Puskesmas dan 97 Orang Pengelola Posbindu yang tersebar di wilayah kerja 13 puskesmas. Dalam pertemuan tersebut menghasilkan beberapa komitmen dan rencana tindak lanjut dari pelatihan yaitu

  1. Pelaksanaan kegiatan posbindu di desa akan dilakukan sesegera mungkin dan para petugas akan melakukan pengentrian data posbindu melalui portal web secara berkesinambungan demi terlaksana kegiatan Posbindu serta melakukan pendataan yang baik setiap dilaksanakan kegiatan Posbindu.
  2. Melaksanakan Pelaporan Portal WEB FKTP dan Posbindu secara mandiri mulai bulan November 2018 (data yang belum dientry dari bulan Januari – Oktober 2018 tetap di entry).
  3. Melaksanakan skrining PTM secara Mobile jadi tidak hanya di 1 tempat saja
  4. Untuk Pengelola yang belum memahami cara pengentrian data dan upload dalam aplikasi portal web bisa langsung datang ke dinas kesehatan kabupaten untuk belajar dengan pengelola program dinas kesehatan.

Suasana PErtemuan REfreshing Petugas Pasca Pelatihan Portal WEB

 (Suci/Seksi P2PTM Pringsewu)


Artikel Sebelumnya
Kegiatan Validasi Data Program Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa Dan Gangguan Indera Fungsi Kabupaten Pringsewu Tahun 2018
Artikel Selanjutnya
Orientasi Layanan Kesehatan Inklusi Disabilitas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia