27 Juli 2018

Pertemuan Advokasi dan Jejaring PTM di Kab. Sampang 2018

Pertemuan Advokasi dan Jejaring PTM di Kab. Sampang 2018
Oleh : Faridha Cahyani

     Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menduduki peringkat ke 6 sebagai penyebab kematian. International Diabetes Federation (IDF) menyatakan bahwa lebih dari 371 juta orang di dunia yang berumur 20 - 79 tahun memiliki diabetes. Sedangkan Indonesia merupakan negara urutan ke 7 dengan prevalensi DM tertinggi, dibawah China, India, USA, Brazil, Rusia dan Mexico. 

     Permenkes nomor 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, pada pasal 2 menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyelenggarakan pelayanan dasar kesehatan sesuai SPM Bidang Kesehatan. Adapun SPM Bidang Kesehatan salah satunya adalah setiap penderita Diabetes Mellitus mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar. Pelayanan kesehatan diberikan kepada penyandang DM di FKTP sesuai standar meliputi 4 pilar penatalaksanaan : edukasi, aktifitas fisik, terapi nutrisi medis, intervensi farmakologis termasuk pemeriksaan HbA1c.

     Terkait SPM tersebut diatas, Dinas Kesehatan Kab. Sampang menyelenggarakan pertemuan advokasi dan jejaring PTM pada tanggal 23 Juli 2018 dengan peserta dokter puskesmas dan pengelola program PTM puskesmas. Narasumber yang hadir pada pertemuan tersebut adalah dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, BPJS Kesehatan dan Klinik Sukmawijaya. Pada kesempatan tersebut disampaikan tentang SPM bidang kesehatan, program Prolanis dan pemeriksaan HbA1c.

    Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan SPM DM melalui  pelayanan kesehatan standar maupun program prolanis yang sudah dilaksanakan oleh puskesmas. (FC)


Artikel Sebelumnya
Pelatihan Kader Posbindu Di Kab. Sidoarjo 2018
Artikel Selanjutnya
Workshop Peningkatan Kualitas Kader Posbindu Di Kota Kediri Jawa Timur 2018

Upcoming Agenda
24 Oktober 2018

Hari Dokter Nasional

20 Oktober 2018

Hari Osteoporosis Sedunia

19 Oktober 2018

Pra-HKN 54 Pasar Kramat Jati

10 Oktober 2018

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia