30 Oktober 2018

CERDIK Kab Pasuruan

CERDIK Kab Pasuruan

Deteksi dini Kab Pasuruan

Oleh : Nina Widyasari

Kementerian Kesehatan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjadi agen perubahan dalam perilaku hidup sehat, khususnya  dalam pencegahan dan pengendalian faktor risiko stroke, sehingga masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas dapat diwujudkan.

Cegah Stroke dengan perilaku CERDIK

Stroke dapat dicegah dengan pengendalian perilaku yang berisiko seperti penggunaan tembakau, diet yang tidak sehat dan obesitas, kurang aktivitas fisik serta penggunaan alkhohol. Faktor perilaku yang salah, merupakan penyebab terjadinya faktor risiko fisiologis atau faktor risiko seperti hipertensi, diabetes melitus, dislipidemia, obesitas, dan lain-lain yang dapat menyebabkan terjadinya stroke.

Deteksi dini/screening dapat mencegah meningkatnya angka penderita PTM salah satunya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kab Pasuruan yaitu kegiatan screening pada seluruh warga penghuni wisma PKMS Prigen dan Koramil. Kegiatan deteksi dini dilakukan pada bulan Oktober 2018 dengan jumlah sasaran yang diperiksa 100 orang, hasil kegiatan deteksi dini yang didapat terdeteksi HT 16orang, DM 6orang, kolesterol 16orang, Obesitas 14orang, asam urat 14orang, Tg 19orang dan kadar CO tinggi 24 orang.

Untuk mencegah terkena penyakit tidak menular seperti stroke maka dianjurkan untuk setiap individu meningkatkan gaya hidup sehat dengan perilaku “CERDIK”, yaitu , Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.


Artikel Sebelumnya
Hut Ke 73 Provinsi Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
Skrining Kadar Co Pada Anak Sekolah Menengah Pertama Di Kota Surabaya Jawa Timur

Upcoming Agenda
01 Juli 2019

Hari Buah Sedunia 2019

11 Juni 2019

Puncak acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019dan Penganugerahan Penghargaan Penegakan Implementasi KTR 2019

22 Juni 2019

Kegiatan Skrining FR PTM di Giant Pangkalpinang

29 Juli 2019

Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kanker Serviks dan Payudara

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia