04 Oktober 2018

"YUDISTIRA SAMIAJI" Tingkatkan Upaya Pencegahan dan Pengendalian PTM di UPT. Puskesmas Peundeuy Kabupaten Garut.

Pencanangan Kegiatan "YUDISTIRA SAMIAJI" di UPT. Puskesmas Peundeuy

Oleh : Agus Dinar

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia menuju bangsa yang maju. Salah satu indikator pembangunan manusia Indonesia yaitu pembangunan di bidang kesehatan. Pembangunan bidang kesehatan bertujuan memiliki masyarakat sehat dan berumur panjang.

Wujudkan masyarakat sehat dapat dilakukan melalui Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM). Peningkatan masyarakat sehat dan berumur panjang dengan motto "HARI MUDA SEHAT HARI TUA NIKMAT TERHINDAR DARI PTM".

Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara pengendalian faktor risiko PTM yaitu perilaku merokok, konsumsi alkohol, kurang makan buah sayur, kurang aktivitas fisik dan kondisi stress. Pengendalian faktor risiko PTM diselenggarakan di Posbindu-Posbindu PTM pada setiap desa.

 Ka. Puskesmas Peundeuy Mahmud S.Kep. Ners., M.Si  sosialisasi kegiatan YUDISTIRA SAMIAJI

UPT. Puskesmas Peundeuy merupakan salah satu puskesams di wilayah Kabupaten Garut Selatan yang memiliki 6 desa. Penyelenggaran posbindu mengalami beberapa hambatan diantaranya karena sulitnya akses karena wilayah perbukitan dan pemukiman penduduk yang berjauhan. Kondisi tersebut mempengaruhi tingkat kunjungan ke POSBINDU PTM.

 Kegiaatan Posbindu PTM

Kondisi lainya bahwa masyarakat Puskesmas Peundeuy merupakan masyarakat yang religius. Kegiatan pengajian menjadi acara rutin masyarakat setiap minggu atau setiap bulan. Melihat  peluang tersebut Kepala Puskesmas Peundeuy Mahmud S.Kep. Ners., M.Si membuat Inovasi YUDISTIRA SAMIAJI. YUDISTIRA SAMIAJI merupakan kepanjangan dari Yu Diperiksa Batin Sareung Raga di Pangajian. Tujuan dari kegiatan tersebut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan Posbindu PTM di setiap desa
  2. Meningkatkan kunjungan masyarakat ke Posbindu PTM yang terintegrasi dengan pengajian masyarakat.
  3. Memberikan kemudaah akses kepada masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.
  4. Meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian PTM sejak dini kepada masyarakat.

Kegiatan Posbindu PTM

Koordinator program PPTM UPT. Puskesmas Pendeuy Ai Nuryanti, Amd.Keb menambahkan bahwa sejak pertengahan tahun 2018 melalui kegiatan YUDISTIRA SAMIAJI tersebut telah mampu meningkatkan kunjungan Posbindu PTM. Masyarakat sangat antusias dan mendukung kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut terselenggara dengan baik berkat adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat, kader dan para petugas kesehatan yang ada di setiap desa.


Artikel Sebelumnya
Bahagia Sehat Sejahtera (bahtera) Untuk Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi
Artikel Selanjutnya
Sambut Hkn Ke 54 Upt. Puskesmas Pembangunan Lakukan Skrining Usia Produktif Pada Pegawai Bkd Kab. Garut