28 Januari 2019

Puskesmas Guntur Kabupaten Garut Bangun Kemitraan Dengan TOSERBA ASIA dalam rangka Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Puskesmas Guntur Kabupaten Garut Bangun Kemitraan Dengan TOSERBA ASIA dalam rangka Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Kegiatan Deteksi Dini PTM oleh TIM Puskesmas Guntur kerjasama dengan Toserba ASIA

Oleh : Agus Dinar

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2014 menyebutkan bahwa kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit merupakan bagian dari Upapaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap puskesmas sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan tingkat pertama. Salah satu kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut adalah pengendalian penyakit tidak menular (PPTM). Penyakit tidak menular ini seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung dan lain lain.

Puskesmas dalam rangka pengendalian penyakit tidak menular tersebut dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi melalui upaya kesehatan masyarakat (UKM) serta uapaya kesehatan perorangan (UKP). Puskesmas bertanggung jawab memberikan pelayaanan seoptimal mungkin pada masyarakat diwilayah kerjanya.

UPT. Puskesmas Guntur sebagai salah satu puskesmas yang berada di Kabupaten Garut berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara mendekatkan pelayanan kepada masyarakat diantaranya melalui bentuk kemitraan. Salahsatu bentuk kemitraan yang dibangun adalah dengan pihak TOSERBA ASIA Garut.

Kegiatan deteksi dini PTM

Kegiatan yang pertama sebagai langkah awal dengan melakukan deteksi dini, pengukuran dan pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular pada karyawan serta pengunjung TOSERBA ASIA kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2019.

Tujuan kegiatan ini melakukan deteksi dini penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Sebagimana diketahui, penyakit tidak menular ini memiliki common risk factor (faktor risiko umum) yaitu perilaku merokok, diet yang tidak sehat (makanan tinggi gula, garam dan lemak), kurang aktifitas fisik serta alqohol. Seseorang sebelum menderita penyakit tidak menular yang mematikan maka harus dilakukan pencegahan sejak dini melalui pencegahan faktor risiko tersebut.

Kegiatan deteksi dini PTM

Pihak TOSERBA ASIA serta pengunjung sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang dilakukan meliputi wawancara penilaian faktor risiko, konseling, pemeriksaan tekanan darah, IMT, Gula darah serta kolesterol. Kegiatan ini dilaksanakan secara cuma-cuma/gratis bagi masyarakat. Pada kesempatan ini Kepala UPT. Puskesmas Guntur Drg. Kania Puspitasari, MARS menghadiri langsung kegiatan tersebut. Selain itu pihak pimpinan Toserba ASIA menyambut baik acara tersebut, serta akan melakukan kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka mendorong program kesehatan.

Kegiatan deteksi dini PTM


Artikel Sebelumnya
Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Tingkatkan Sinergisitas Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Dengan Program Pptm