07 Agustus 2019

Sambut HUT RI ke 74 Puskesmas Cot Kuta Laksanakan Skrining PTM Bagi Aparatur Desa

Sambut HUT RI ke 74 Puskesmas Cot Kuta Laksanakan Skrining PTM Bagi Aparatur Desa

Camat Suka Makmue (3 dari kiri) bersama Kepala Puskesmas Cot Kuta (tengah) serta Perwakilan Forum Komunikasi Keuchik berjajar di belakang petugas yang tengah memeriksa aparatur Desa dalam rangka deteksi dini PTM di Kantor Camat Suka Makmue (selasa, 6 agustus 2019)

Oleh : M. Fadlin Kurniawan,SKM

Mengaktifkan Posbindu di tempat kerja dan memperingati hari ulang tahun RI ke 74, pemerintah Kecamatan Suka Makmue bekerja sama dengan Forum Komunikasi Keuchik (Kepala Desa) Puskesmas Cot Kuta Kabupaten Nagan Raya melaksanakan deteksi dini (skrining) penyakit tidak menular (PTM.

Siapa yang menjadi target skrining kali ini? Puskesmas Cot Kuta menyasar Aparatur Gampong (desa) pada 19 desa yang merupakan wilayah kerja puskesmas tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada selasa 6 agustus 2019 bertempat di kantor camat Kecamatan Suka Makmue.

Aparat Gampong yang diutamakan skrinning kali ini dengan harapan dapat meneruskan kegiatan yang serupa pada Posbindu di desanya. Apabila tiap individu telah melakukan deteksi dini dan mendapat konseling sesuai dengan kondisi kesehatannya kiranya mereka akan lebih mengerti dan paham bagaimana  mencegah agar tidak terkena penyakit tidak menular dan berobat secara patuh seandai terdeteksi menyandang PTM.

Camat Suka Makmue didampingi kepala puskesmas Cot Kuta melihat skrining yang dilakukan terhadap salah seorang Keuchik (kepala desa) pada selasa 6 agustus 2019

Jenis skrining yang dilakukan adalah pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, kolesterol total dan kadar gula darah sewaktu. Jumlah aparatur desa yang berhasil di skrining berjumlah 87 orang (laki-laki 70 orang, perempuan 17 orang). Dari skrining tersebut di dapat 21 orang terindikasi tekanan darah tinggi ( laki-laki 19 orang, perempuan 2 orang), kadar gula sewaktu diatas normal 6 orang (semuanya laki-laki), kolesterol total tinggi 51 orang (laki-laki 38 orang, perempuan 13 orang), indeks masa tubuh diatas normal 37 orang (laki-laki 28 orang dan perempuan 9 orang), dan lingkar perut berlebih 28 orang (laki-laki 18 orang dan perempuan 10 orang)

Camat Suka Makmue Drs.Raja Idrus menyambut baik kegiatan tersebut, dan berharap bahwa setiap Aparatur Gampong (desa) dapat meneruskan kegiatan tersebut pada posbindu di masing-masing desa yang telah terbentuk setiap bulannya.

Senada dengan itu, kepala puskesmas cot kuta NS.Salviar Evi,M.H.Kes mengatakan bahwa skrining penyakit tidak menular perlu dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui sejak dini apakah mempunyai potensi terkena penyakit tidak menular seperti hipertensi, penyakit ginjal, penyakit paru kronis, kanker, jantung, stroke, diabetes, dan lain-lain. Hal tersebut penting diketahui sedini mungki mengingat bahwa penyakit tidak menular pada umumnya tanpa gejala dan dapat menimbulkan kecacatan serta kematian. Puskesmas cot kuta siap memberikan pelayanan terbaik dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular, demikian pernyataan beliau.

Penulis : M. Fadlin Kurniawan,SKM
editor : drg. anitasari

Artikel Sebelumnya
Dinas Kesehatan Aceh Latih Tenaga Kesehatan Dalam Penerapan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (pandu Ptm)
Artikel Selanjutnya
Komit Terhadap Pengendalian Tembakau Dan Penyakit Tidak Menular, Bupati Nagan Raya Hadiri Pertemuan 4th Apcat Summit