15 Mei 2019

185 Kader dari 5 Puskesmas di Kabupaten Nagan Raya Ikuti Pelatihan Kader Posbindu PTM

185 Kader dari 5 Puskesmas di Kabupaten Nagan Raya Ikuti  Pelatihan Kader Posbindu PTM

Pelaksanaan Pelatihan Kader PTM (Posbindu PTM) di Puskesmas Ujong Fatiha yang diikuti 185 Kader - Kabupaten Nagan Raya - April 2019

Oleh : Fadlin Kurniawan

Pada bulan April 2019,  5 puskesmas di Kabupaten Nagan Raya Propinsi Aceh melaksanakan Pelatihan Kader PTM (Posbindu PTM). Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Cot Kuta (19 Desa), Puskesmas Ujong Fatiha (4 Desa), Puskesmas Beutong (5 Desa), Puskesmas Beutong (5 Desa),dan Puskesmas Suka Mulia (7 Desa). Sekitar 185 Kader yang dikirim oleh kepala desa untuk mengikuti pelatihan  pada umumnya adalah kader posyandu Bayi/Balita.

Kegiatan Pelatihan & Pembentukan Kader Posbindu akan terus berlanjut di puskesmas lainnya dalam Kabupaten Nagan Raya guna mencapai target sesuai Renstra Kemenkes 2015-2019 yaitu 50 % desa di Indonesia sudah memiliki posbindu sebagai sarana untuk melakukan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular. Saat ini di Nagan Raya baru 20% desa yang memiliki Posbindu.

Jumlah Desa di KAbupaten Nagan Raya 222 desa, Saat ini sudah  ada 45 desa yang berposbindu dengan jumlah pos 47 ( ada 2 desa yang memiliki 2 posbindu)

Materi yang disampaikan diantaranya Kebijakan Pengendalian PTM, Konsep Posbindu PTM, Pengukuran dan Pemeriksaan  Faktor Risiko PTM, Pengkajian Faktor Resiko PTM serta Pencatatan & Pelaporan dengan narasumber yaitu M.Fadlin Kurniawan,SKM dan Muslim,Amd.G. selaku Pengelola Program PTM Dinkes Kab. Nagan Raya.

Setelah penyampaian materi, peserta mempraktekkan Posbindu dengan bidan desa masing-masing di beberapa puskesmas yang sudah memiliki kader posbindu tersebut. Sebagian besar peserta menyepakati bahwa aktifitas Posbindu PTM di wilayahnya akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 H.


Artikel Sebelumnya
Deteksi Dini Ptm Dan Donor Darah Di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional (hkn) Ke 54