22 September 2018

Bagaimana agar mendapatkan tidur yang berkualitas?

Bagaimana agar mendapatkan tidur yang berkualitas?
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkoholSetelah makan siang, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti dapat menyebabkan pola tidur terganggu. Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidurTetapkan waktu tidur yang teraturJam tidur yang berantakan dapat mengganggu jam biologis Anda. Telat tidur bukan berarti Anda bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit, namun jika pola tersebut sudah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.Sempatkan untuk berolahraga setiap hariTubuh yang selalu aktif secara fisik selain baik untuk kesehatan secara umum juga sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Hindari berolahraga mendekati jam tidur karena akan menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan ‘bersemangat’atau belum rileks.Tenangkan pikiran dan mentalTenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi indah

Baca Juga Gambaran Kebutuhan Tidur sesuai Usia