07 Oktober 2018

Produsen Rokok Diperintahkan Pasang Peringatan Baru

Produsen Rokok Diperintahkan Pasang Peringatan Baru

Paket rokok dipajang di rak sebuah toko di Paris, 6 Agustus 2007. (Foto: dok). Perusahaan-perusahaan tembakau di AS diperintahkan untuk memasukkan pernyataan baru pada paket rokok pada November 2018.

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Sebuah pengadilan federal AS telah memberi waktu sampai 18 Juni kepada perusahaan-perusahaan tembakau untuk meralat pernyataan di situs mereka mengenai risiko berbahaya dari produk mereka dan upaya mereka untuk menyesatkan masyarakat mengenai risiko-risiko itu.

Perusahaan-perusahaan itu juga diperintahkan untuk menyertakan pernyataan di bungkus rokok mulai November, menurut putusan yang dikeluarkan hari Selasa (2/5). Putusan itu juga berlaku untuk kampanye media sosial yang bertujuan mempromosikan rokok.

Pernyataan ralat itu akan mengatakan bahwa merokok menyebabkan sekitar 1.200 kematian di AS setiap hari, bahwa rokok dirancang untuk menimbulkan kecanduan nikotin, bahwa rokok dengan kadar tar rendah, ringan dan natural (alami) sama bahayanya dengan yang reguler, dan bahwa perokok pasif juga berisiko mengidap penyakit dan menghadapi kematian.

Tiga perusahaan tembakau AS utama, R.J. Reynolds, Phillip Morris dan ITG Brands, telah berupaya untuk melemahkan dan menunda pernyataan ralat itu sejak 2006. [vm/al-voa]


Artikel Sebelumnya
Paparan Asap Rokok Pada Masa Kehamilan Berkaitan Dengan Hilangnya Indra Pendengaran Bayi
Artikel Selanjutnya
Studi Tunjukkan Risiko Terkena Penyakit Jantung Ibu Menyusui Di Hari Tua Lebih Rendah