Please enable JavaScript to view the comments powered by Disqus.
       
     
03 Januari 2018

Manfaatkan Posbindu PTM di Tempat Kerja

Manfaatkan Posbindu PTM di Tempat Kerja
Oleh : aulia

Sebagai pekerja, Anda kini tak perlu cemas lagi bila mengalami gangguan kesehatan. Berdasarkan Kepress Nomor 22 tahun 1993 tentang Penyakit yang Timbul karena Hubungan Kerja dapat ditangani dengan penyelenggaraan Posbindu PTM di tempat kerja.  Posbindu PTM di tempat kerja merupakan salah satu upaya pengendalian faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan pekerja. Semua kegiatan yang berlangsung di dalamnya merupakan kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk pekerja.

Sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden nomor 22 tahun 1993 tentang Penyakit yang Timbul karena Hubungan Kerja, maka penyelenggaraan Posbindu PTM di tempat kerja sebagai langkah awal dalam upaya pencegahan dan pengendalian Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (FR PTM). Bila ditemukan FR PTM pada pekerja dan pemberi kerja maka perlu tindak lanjut dini, supaya faktor risiko yang ada tidak berakhir pada PTM atau memperberat penyakit yang sudah diderita sebelumnya. Inilah pentingnya mengendalikan FR PTM, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap pekerja dan pemberi kerja dari PTM, sebaaimana telah diamanahkan pada kepres tersebut.

Konsep Posbindu di Tempat Kerja Penyakit tidak menular seringkali tidak menimbulkan keluhan pada awalnya, maka perlu upaya untuk melakukan deteksi dini sehingga pekerja yang sudah berisiko dapat melakukan pengobatan. Konsep pengelolaan kesehatan di tempat kerja adalah upaya pencegahan melalui kegiatan manajemen risiko, yang terdiri dari dua tahap, penilaian risiko dan pengendalian risiko. Posbindu PTM TK adalah Posbindu PTM yang diselenggarakan di tempat kerja milik instansi pemerintahan maupun swasta.

Posbindu PTM TK sebagai bagian dari Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dan merupakan upaya promotif dan preventif di tempat kerja yang diintegrasikan dengan kegiatan pengendalian penyakit dan pelayanan kesehatan yang sudah ada di tempat kerja. Tujuan umum dari Posbindu PTM TK adalah meningkatkan kewaspadaan pekerja/masyarakat di tempat kerja melalui pencegahan dan pengendalian faktor risiko PTM berbasis pemberdayaan dan peran serta pekerja secara terpadu, rutin dan periodik. Sasaran dari kegiatan Posbindu PTM TK adalah pekerja di perkantoran pemerintah maupun swasta dan pekerja pada usaha skala menengah maupun besar. Pekerja pada usaha skala kecil dan informal sesuai dengan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Upaya Kesehatan Kerja (UKK) yang terintegrasi.

Ke mana Mencari? Lokasi pelaksanaan Posbindu PTM TK adalah di tempat kerja atau tempat lain yang disepakati, yang mudah dijangkau pekerja dan petugas pelaksana Posbindu PTM TK. Waktu pelaksanaan dilakukan sebulan sekali, pada hari kerja atau hari yang disepakati atau disesuaikan dengan kondisi tempat kerja. Petugas pelaksananya adalah tenaga kesehatan di tempat kerja atau pekerja potensial yang sudah dilatih oleh Puskesmas atau Dinas Kesehatan.

Sumber: Buku Posbindu PTM


Artikel Sebelumnya
Kenali Gejala Rheumatoid Arthritis
Artikel Selanjutnya
Masa Tumbuh Kembang Yang Sehat Dan Aktif, Ini Caranya!

Upcoming Agenda
01 Mei 2018

Hari Asma Sedunia

17 April 2018

Hari Hemofilia Sedunia

07 April 2018

Hari Kesehatan Sedunia

11 Maret 2018

Pekan Glaukoma Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia