14 Januari 2019

Makanan Yang Tidak Membuat Anda Jadi Gemuk

Makanan Yang Tidak Membuat Anda Jadi Gemuk

Semangkuk popcorn dengan berat 3,5 ons mengandung 31 kalori

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Apakah untuk mengurangi berat badan orang harus menahan lapar? Tidak. Ada makanan yang bisa disantap sebanyak-banyaknya, tanpa risiko jadi gemuk.

Putih telur

Orang bisa menyantap putih telur dalam jumlah banyak, karena putih telur dari satu telur hanya mengandung 17 kalori. Jadi ini juga bisa berguna untuk orang-orang yang melakukan diet ketat.

Popcorn

Makanan yang kerap ditawarkan di bioskop sebagian besar mengandung udara saja. Orang bisa menikmatinya tanpa harus khawatir menambah bobot. Tapi, popcorn tidak boleh terlalu manis atau mengandung karamel. Popcorn tawar hanya mengandung 31 kalori setiap 3,5 ons.

Melon

Buah ini memenuhi keinginan orang untuk makan sesuatu yang manis setiap harinya. Melon mengandung vitamin A dan C dalam jumlah yang lebih besar dari yang diperlukan tubuh setiap harinya. Sebuah melon juga hanya mengandung 55 kalori.

Brokoli dan kol

Brokoli mengandung 35 kalori dalam setiap 100 g. Brokoli terutama disukai orang yang ingin mengurangi bobot tubuh, karena mengandung 20% dari kebutuhan serat yang diperlukan tubuh tiap hari. Kol adalah sumber vitamin C dan K. Sementara kandungan kalorinya hanya 12 dalam setiap 100 g. Kol paling baik dimakan mentah.

Stroberi

Buah ini kaya potasium dan serat, juga punya efek meredam peradangan. Beberapa stroberi mengandung vitamin C seperti dalam sebuah jeruk, dan kalorinya hanya 50.

Blueberry

Buah ini mengandung anti oksidan lebih banyak dari buah lainnya. Secangkir buah ini bisa membantu keseimbangan diet. Kalorinya hanya 85, jadi orang tidak perlu khawatir akan menambah bobot badan.

Tomat

Sebuah tomat mengandung sekitar 25 kalori. Selain itu tomat mengandung likopen, vitamin A, C, B2, juga zat bermafaat lainnya seperti potasium. Selain itu tomat berfungsi sebagai antibiotika alamiah, yang bisa mendukung kesehatan dalam menghadapi situasi lingkungan yang merugikan.

Jeruk manis

Buah ini terutama terkenal karena kandungan vitamin C-nya. Serat-serat putih yang terletak di bawah kulit jeruk sebaiknya ikut dimakan karena membantu tubuh mengurangi kolesterol. Satu buah jeruk hanya mengandung 80 kalori.

Kacang polong

Satu cangkir kacang polong manis hanya mengandung 35 kalori. Sayur ini juga kaya akan serat dan protein. Kacang polong juga bermanfaat mencegah kanker, serangan jantung dan menjaga kebugaran kulit.

Mentimun

Mentimun mengandung air sebanyak 97%, dan hanya memiliki 16 kalori. Mentimun segar mengandung banyak khasiat bagi tubuh, terutama di kulitnya. Mentimun bisa menyegarkan tubuh, mendukung metabolisme dan menyokong kelembaban kulit. (ml/vlz, Sumber: Independent, Brigthside, Healthline)


Artikel Sebelumnya
Pilah Bahan Makanan, Waspadai Pemicu Kanker
Artikel Selanjutnya
Kenapa Obesitas Bisa Menyebabkan Kanker?