04 Januari 2017

Buah dan Sayur Pelindung Mata, Ini Daftarnya

Buah dan Sayur Pelindung Mata, Ini Daftarnya
Oleh : omeoo
Banyak manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk untuk melindungi kesehatan mata.

Macam Buah-buahan dan Sayuran untuk Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sungguhlah penting, mengingat indra penglihatan sangat berperan dan berguna dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ada banyak cara untuk melindungi mata, terutama mengistirahatkannya dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik. Langkah lain adalah memilih buah dan sayuran yang dapat melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak dan rabun. Berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat melindungi kesehatan mata. Rasanya lezat, manfaatnya dahsyat.

Wortel

Wortel sudah kondang disebut sebagai sayuran penjaga kesehatan mata. Kandungan Beta karoten, vitamin B6 dan C, kalsium, kalium, fosfor, dan serat yang terdapat dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang berperan penting dalam manjaga kesehatan  mata kita. Wortel juga berguna melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh kita.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi  Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya adalah melindungi mata dari pancaran sinar UV. Risiko terkena katarak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi brokoli.

Bayam

Bukan hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, bayam juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Di dalam  bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma. Tomat Tomat kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus agar  terasa lebih nikmat.

Avokad

Jenis buah ini mengandung Lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi dari Lutein adalah untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Avokad juga berperan untuk menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.

Pisang

Selain kandungan karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi, namun pisang juga memiliki peran penting bagi kesehatan mata. Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Mangga

Buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi di antaranya: Vitamin A, B1, C dan E. Vitamin A yang lumayan bagus dalam buah mangga ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

Makan Ubi Jalar Yuk!

Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.


Artikel Sebelumnya
10 Mitos Penyakit Jantung
Artikel Selanjutnya
Cara Seru Ajari Si Kecil Suka Buah Dan Sayuran