21 Oktober 2018

8 Makanan Perusak Penampilan

8 Makanan Perusak Penampilan
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Gula

Ketika Anda mengkonsumsi gula cukup banyak, maka sel tubuh akan memproses kelebihan molekul gula dan menggabungkannya dengan protein hingga terciptalah glycation, yakni proses saat gula masuk dalam tubuh dan bisa berdampak buruk bagi kulit. Gula yang menempel pada gigi bisa mendorong munculnya bakteri hingga terjadi pembusukan dan mempengaruhi warna gigi.

Makanan Asin

Hampir setiap masakan pasti selalu menggunakan garam, termasuk makanan kaleng yang diawetkan dengan sodium. Mengkonsumsi sodium terlalu banyak, bisa membuat kulit kelihatan bengkak-bengkak. Untung saja ada penangkalnya, setelah makan-makanan yang asin-asin lekaslah pakai pelembab untuk mengurangi bengkak.

Daging Panggang

Daging panggang rasanya memang sungguh nikmat, tetapi jejak hitam pada daging yang dipanggang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi, yang bisa menimbulkan peradangan pada kolagen di kulit. Untuk lebih aman, ketika makan daging panggang, maka sisihkan bagian hitam pada daging dan bersihkan panggangan supaya tidak mengotori makanan berikutnya.

Teh Hitam

Teh jenis ini mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga membuat gigi lebih berpori dan dengan mudah menimbulkan noda pada gigi yang sulit dihilangkan. Namun kabar baiknya, sebuah penelitian yang dipublikasikan International Journal of Dental Hygiene, mengungkapkan zat kasein dalam susu bisa mengurangi jejak-jejak noda tannin dari teh hitam pada gigi.

Alkohol

Liver yang sehat akan membuat kulit menjadi sehat pula. Sebab jika liver berfungsi dengan baik, maka racun yang bisa membuat kulit kusam secara alami akan berguguran. Sebaliknya, jika racun bertumpuk dalam liver, maka kulit akan bermasalah, seperti jerawat, kulit kusam dan keriput. Alkohol juga bisa memicu terjadinya rosacea, yakni peradangan kronis pada kulit wajah.

Makanan Pedas

Hampir sama seperti alkohol, makanan pedas juga bisa memicu terjadinya rosacea. Bukan hanya itu, makanan jenis ini bisa merusak kulit saat menopause. Dokter Ostad mengatakan makanan pedas diyakini membuat pembuluh darah pada kulit menjadi lebih reaktif.

Minuman Berenergi

Saat minum minuman berenergi, tubuh acap merasakan bugar kembali, tetapi dampaknya sungguh tidak bagus untuk kesehatan gigi. Minuman berenergi bisa membuat gigi menjadi lebih asam dan hal ini membuat gigi rentan terhadap noda. Maka itu, jika ingin minum-minuman berenergi, gunakanlah sedotan supaya sedikit kontak minuman tersebut dengan gigi.

Lemon

Jeruk baik untuk tubuh, tetapi tidak demikian dengan jeruk lemon. Jus lemon akan dengan mudah mendorong terjadinya kerusakan gigi, ketimbang jenis jeruk lainnya karena jeruk lemon keasamannya tinggi dan bisa membuat penumpukan plak dari gula yang biasa ditambahkan ke dalam jus lemon. Gunakan sedotan saat mengkonsumsi minuman ini untuk menekan segala dampak negatifnya. Sumber: health.com


Artikel Sebelumnya
Waspadai 8 Tanda Hati Anda Dalam Kondisi Sakit
Artikel Selanjutnya
Kenapa Garam Bisa Berbahaya?