28 Februari 2018

6 tips sederhana untuk menurunkan tekanan darah Anda

6 tips sederhana untuk menurunkan tekanan darah Anda

Batasan baru hipertensi

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Perubahan kecil yang dapat membuat perbedaan pada tekanan darah Anda.

Jika Anda tiba tiba mendapati tekanan darah Anda termasuk tinggi (hipertensi) menurut panduan batasan terbaru dari American College of Cardiology dan American Heart Association, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan.
Pedoman batasan hipertensi, yang dirilis pada bulan November, menurunkan definisi untuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dari 140/90 mm hg  ke 130/80 milimeter Mercury (mm Hg), berarti lebih banyak perempuan sekarang memenuhi kriteria untuk mengidap hipertensi tahap 1.


Sementara  kita tidak bisa mengelak dari ketentuan batasan terbaru tersebut, kita juga tidak perlu panik. "Jelas, tidak ada yang terjadi dalam semalam di dalam tubuh wanita atau kesehatannya dengan adanya rilis ketentuan batasan baru hipertensi," kata Dr Naomi Fisher, Direktur Layanan hipertensi dan hipertensi inovasi di Brigham and Women's Hospital Divisi endokrinologi, Diabetes dan Hipertensi, Profesor Fakultas Kedokteran di Harvard Medical School.


Perubahan penetapan ukuran hipertensi, harus mendorong Anda untuk menurunkan tekanan darah secara lebih serius. "Pedoman ini telah diantisipasi lama dan disambut sangat baik oleh kebanyakan ahli hipertensi. Walaupun nampak drastis tetapi perubahan penetapan hipertensi dari hasil uji coba ini akan membantu ribuan orang"ujar Dr Fisher.


Mengapa masuk hipertensi?


Jika tekanan darah Anda berada di kisaran 130/80, penurunan tekanan darah Anda  dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan bahkan penurunan kemampuan kognitif. Tujuan dari ketentuan baru batas hipertensi ini adalah untuk mendorong Anda mengobati tekanan darah tinggi Anda  secara serius dan untuk mengambil tindakan menurunkannya, terutama menggunakan intervensi perubahan gaya hidup.

"Diketahui perubahan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah seperti halnya manfaat pil, dan bahkan kadang-kadang lebih," kata Dr Fisher.
Berbagai tantangan dihadapi dalam membuat perubahan gaya hidup sehari hari agar lebih sehat. Banyak wanita telah terbangun di pagi hari berkomitmen untuk diet makan sehat namun tergoda oleh piring kue di atas meja di kantor atau tergiur untuk makan di luar dengan teman-teman.


Perubahan kecil untuk menurunkan tekanan darah Anda


Anda tidak perlu drastis mengubah ritme kehidupan Anda sehari-hari untuk membuat perbedaan dalam tekanan darah Anda. Berikut adalah enam tips sederhana untuk tindakan yang dapat dilakukan dalam  membantu mendapatkan tekanan darah Anda kembali ke kisaran normal.


1. Menurunkan berat badan
Cara yang paling efektif mengurangi tekanan darah tinggi adalah untuk menurunkan berat badan, kata Fisher. Dan Anda tidak perlu secara berlebihan  menurunkan berat badan. Bahkan penurunan berat badan  sedikitnya 10 pounds dapat menurunkan tekanan darah Anda.


2. Baca label dalam kemasan
Orang Amerika makan terlalu banyak makanan mengandung natrium, hingga tiga kali jumlah yang disarankan total, sekitar 1.500 miligram (mg) setiap hari untuk individu dengan tekanan darah tinggi, kata Dr Fisher. Mengurangi jumlah asupan natrium dibawah 1.500-mg sehari-hari-atau setara 3/4 sendok teh garam akan membantu. Banyak makanan dalam kemasan dengan jumlah natrium yang tinggi. Kita perlu menyaring makanan tinggi-natrium dengan cara membaca label secara cermat agar lebih berhati hati mengonsumsinya.
"Sangat sulit untuk menurunkan natrium diet tanpa membaca label, kecuali jika Anda mempersiapkan semua makanan Anda sendiri dari rumah," kata Dr Fisher. Berhati-hatilah khususnya apa yang American Heart Association telah dijuluki "enam asin," yaitu makanan yang banyak tersedia dan mudah diperoleh yang  mengandung jumlah natrium tinggi yang mungkin bersembunyi seperti roti dan roti gulung, potongan daging beku, pizza, ayam goreng, sup dalam kemasan dan sandwich  

 
3. Aktif  bergerak
Tidak perlu banyak latihan dalam keseharian untuk membuat perbedaan dalam kesehatan Anda. Lakukan aktifitas fisik paling tidak setengah jam setiap hari  setidaknya lima hari dalam seminggu. "Pastikan Anda melakukan aktifitas  yang Anda suka, atau bisa juga latihan yang berbeda," kata Fisher. "Bisa menari/berdansa; dapat juga aktifitas lainnya seperti bersepeda atau mencoba jalan cepat  dengan seorang teman." Bahkan kegiatan berkebun sehari-hari dapat membantu.


4. Latihan Beban
"Tambah beberapa latihan beban  pada olahraga Anda untuk membantu menurunkan berat badan dan supaya tetap fit. Seiring bertambahnya usia perempuan kehilangan massa otot  dan olah raga dengan beban sering diabaikan bagi kebanyakan perempuan, "kata Fisher.


5. Batasi alkohol
Minum terlalu banyak, terlalu sering, dapat meningkatkan tekanan darah Anda, jadi batasi konsumsi alkohol


6. Menghilangkan stres dengan meditasi sehari-hari
Hormon stres mengerutkan dinding pembuluh darah Anda dan dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Selain itu, seiring waktu, stres dapat memicu kebiasaan yang tidak sehat yang menempatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda berisiko. Kebiasaan saat stres  seperti makan berlebihan, kurang tidur, dan menyalah gunakan obat-obatan dan alkohol meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu mengurangi atau mengelola stress adalah hal prioritas yang penting dilakukan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Lakukan meditasi atau lebih mendekatkan diri pada Tuhan bisa menjadi cara menurunkan tingkat stress. Baca : Artikel sumber


Artikel Sebelumnya
Empat Pemicu Penyakit Jantung
Artikel Selanjutnya
Protokol Baru Tingkatkan Peluang Bertahan Hidup Dalam Kasus Henti Jantung

Upcoming Agenda
31 Mei 2018

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

17 Mei 2018

Hari Hipertensi Sedunia 2018

10 Mei 2018

Hari Lupus Sedunia

08 Mei 2018

Hari Thalassemia Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia