10 Oktober 2016

Suplemen Penyerap Kalsium untuk Penderita Diabetes

Suplemen Penyerap Kalsium untuk Penderita Diabetes
Oleh : aulia

Apakah Penyakit Diabetes itu?

Orang awam menyebutnya sebagai penyakit kencing manis. Sebenarnya, penyakit Diabetes adalah kadar gula darah tinggi sehingga darah tidak bisa menampung lagi glukosa dalam darah sehingga muncul di saluran kencing. Di lain pihak glukosa merupakan zat penting untuk membuat tubuh bergerak dan melakukan aktifitas sehari-hari. Tetapi jika terlalu banyak, maka kesehatan dan peredaran darah menjadi terganggu.

Penyebab Diabetes

Hormon Insulin di tubuh penderita Diabetes tidak berfungsi dengan baik. Fungsi dari insulin sebenarnya untuk mengubah glukosa dalam darah menjadi energi. Di tubuh penderita Diabetes, glukosa tidak dirubah menjadi energi akan tetapi tetap menjadi glukosa. Konsekwensinya, penderita Diabetes harus mengontrol pola makan mereka. Makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti kacang-kacangan, susu serta yogurt tidak bisa dikonsumsi oleh penderita Diabetes. Oleh karena itu terkadang mereka kekurangan kalsium. Kegiatan yang tidak menyehatkan seperti duduk bekerja di depan komputer telalu lama tanpa melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga pun juga bisa menjadi penyebab dari Diabetes. Belum lagi minuman beralkohol dan rokok yang makin memperparah

Gejala Diabetes

Umumnya penderita Diabetes tidak sadar diri mereka terkena Diabetes sampai cek gula darah membuktikannya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan tidak merokok. Gejala yang timbul biasanya terbangun di malam hari untuk buang air kecil atau sering merasa lapar. Tapi harus waspada juga bila berat badan langsung turun karena itu bagian dari gejala Diabetes kering.

Pencegahan Diabetes

Diabetes mungkin bisa diobati bukan dengan obat tetapi dengan obat penurun gula darah. Selain itu kontrol akan diet makanan pun menjadi salah satu perhatian terbesar. Makanan yang mengandung jumlah gula tinggi haruslah dihindari. Penggunaan gula non kalori serta memperbanyak serat harus disertakan dalam menu diet.

Pemenuhan Kalsium

Walaupun menderita Diabetes namun kebutuhan kalsium juga harus dipenuhi. Untuk itu hasil riset LIPI bisa membantu pemenuhan kalsium tersebut. Bukan hanya kalsium, resiko osteoporosis dan kanker usus pun bisa dikurangi. Bentuk pengganti kalsium tersebut dalam bentuk suplemen sehingga aman dan praktis untuk dikonsumsi. Rasa manis dalam suplemen ini sama sekali tidak mengandung kalori sehingga sangat aman untuk penderita Diabetes. Di dalam suplemen tersebut juga kaya nutrisi sehingga penderita Diabetes terhindar dari kekurangan nutrisi karena asupan makanan yang terbatas.

Sumber: http://lipi.go.id/risetunggulan/single/suplemen-penyerap-kalsium-yang-aman-untuk-penderita-diabetes/36

[bacajuga url=807]


Artikel Sebelumnya
Riset Unggulan Lipi Terbaru
Artikel Selanjutnya
Kit Untuk Deteksi Virus Penyebab Kanker Leher Rahim

Upcoming Agenda
07 April 2021

Hari Kesehatan Sedunia 2021

06 April 2021

Hari Aktivitas Fisik Sedunia 6 April 2021

27 Maret 2021

Seminar Kesehatan : Gerakan Lawan Obesitas, Lawan COVID-19

04 Maret 2021

Hari Obesitas Sedunia 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia